4 Bahan Makanan yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asama Urat

Asam urat banyak dialami oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Hal itu disebabkan oleh adanya penumpukan kristal purin di persendian, umumnya di jari-jari tangan atau kaki dan lebih sering pada jempol kaki. Zat purin akan terus bertambah banyak dan menghambat aktivitas jika tidak adanya pelarutan zat tersebut. Makanan penyebab asam urat tentu saja harus dihindari agar tidak memperburuk kondisi apalagi jika anda telah didiagnosis menderita penyakit tersebut. Ada beberapa makanan-makanan berpotensi penyebab asam urat yang asupannya harus dikontrol, terutama pada makanan instan yang nilai gizinya rendah. Apalagi alkohol atau bir yang tidak bermanfaat bagi tubuh, dan malah menyebabkan risiko penyakit kronis lainnya.

Berikut beberapa Daftar Makanan yang perlu di waspadai untuk penderita Asam Urat :

1. DAGING MERAH

Daging merah memiliki kandungan purin lebih banyak daripada jenis daging lainnya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan agar tidak sering mengonsumsi daging merah untuk menghindari tingginya risiko terkena penyakit asam urat. Daging merah merupakan salah satu dalam urutan tertinggi makanan-makanan yang berpotensi penyebab asam urat. Selain itu, sesekali Anda harus lebih memilih daging sapi ketimbang daging domba. Konsumsi daging unggas seperti bebek dan angsa juga perlu dikontrol karena kadar purin nya pun tidak kalah tinggi dengan daging merah. Untuk lebih amannya, konsumsi daging ayam saja, tapi ingat jangan terlalu berlebihan.

Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Diwaspadai2. SEAFOOD

Selanjutnya, seafood juga termasuk ke dalam jajaran makanan penyebab asam urat. Menurut Lona Sandon yang merupakan asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center, seafood yang dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa pengaturan porsi akan membuat zat purin tertimbun secara berlebihan dalam tubuh, dan kelak akan menimbulkan asam urat. Makanlah seafood minimal empat sampai enam ons setiap dua hari. Ikan Hering juga bisa menyebabkan asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Sedangkan untuk udang, belut, kepiting dan lobster terbilang aman. Selain itu, jangan terlalu banyak makan ikan asin dan tuna. Sebetulnya ikan aman-aman saja dikonsumsi asalkan tidak berlebihan dan sesuai dengan porsi atau takaran yang dianjurkan.

3. MINUMAN SODA

Selain makanan-makanan yang berpontesi penyebab asam urat, ada juga minuman yang mesti dihindari selain bir atau alkohol yang mengandung overindulgence di dalamnya. Dan itu adalah minuman manis bersoda. Telah diketahui bahwa minuman bersoda lebih banyak menawarkan kerugian bagi tubuh ketimbang manfaatnya. Hal itu semakin diyakinkan dengan adanya pembuktian bahwa minuman ini dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi zat purin lebih banyak dan menimbulkan asam urat. Oleh karena itu, lebih baik anda tidak mengonsumsinya untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit berbahaya. Beralih ke makanan lagi, sebaiknya hindari konsumsi berlebih terhadap gorengan dan juga telur. Sebagai tambahan, jangan terlalu sering mengonsumsi obat warung karena dapat membuat zat purin semakin menumpuk.

4. SAYURAN HIJAU

Makanan-makanan yang berpotensi penyebab asam urat selanjutnya adalah asparagus, bayam, kembang kol dan jamur, karena sayuran-sayuran tersebut lebih banyak mengandung zat purin dibanding dengan jenis sayuran lainnya. Meskipun bukan berarti Anda harus benar-benar pantang, namun kurangi saja. Bagaimana pun sayuran adalah solusi bagus untuk diet sebab nutrisi lain yang dikandungnya berguna bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Makanan lain adalah jeroan atau organ dalam seperti ginjal, usus, dan hati. Makanan penyebab asam urat tersebut wajib dihindari apalagi jika Anda memang sudah menderita asam urat akut. Dan yang terpenting adalah lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sesuai anjuran sebagai zat pelarut yang sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "4 Bahan Makanan yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asama Urat"