5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat Pasir

No comment 2204 views

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat Pasir

Kenal dengan Jerawat Pasir? Jerawat pasir atau sering disebut jerawat kecil adalah jerawat dengan ukuran sangat kecil namun dalam jumlah banyak. Jerawat ini bisa tumbuh di dahi, di pipi, hingga di punggung. Ukurannya yang kecil dan banyak tentu sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan dirimu. Timbulnya jerawat pasir ini bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Namun tidak menutup kemungkinan dari penyebab lain seperti pola hidup yang tidak sehat. Jika memang jerawat pasir memang mengganggu kehidupan sehari-harimu, beginilah cara efektif dan tepat menghilangkan jerawat pasir.

1.Teh hijau

Sebenarnya teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis yang telah dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding vitamin E dan C sehingga efeknya sangat besar untuk kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian oleh The University of Maryland Medical Center, senyawa katekin dalam teh hijau sangat efektif sebagai bahan anti inflamasi. Bahan ini juga diperlukan untuk mengurangi peradangan dari jerawat pasir, dan meminimalisir segala bekas luka yang ditimbulkan oleh peradangan jerawat pasir yang ada. Selain itu, teh hijau juga mengandung bahan antibakteri yang mampu melawan bakteri dan kuman penyebab jerawat pasir.

Caranya :

  • Gunakan ampas teh hijau atau teh hijau yang telah dihaluskan.
  • Oleskan secara melingkar pada wajah atau pada bagian tubuh yang terdapat jerawat pasir.
  • Diamkan selama beberapa saat hingga mengering.
  • Cuci dengan air sabun dan juga air bersih.
  • Lakukanlah secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam seminggu. Rasakan manfaat teh hijau bagi wajahmu.

2. Air hangat

Air hangat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat pasir. Air hangat membantu mengeluarkan sisa noda hingga bakteri yang menyebabkan jerawat. Ketika kamu menggunakan air hangat untuk membasuh wajah, segala pori-pori kulit akan membuka dan melebar. Hal ini akan mempermudah membersihkan segala sisa-sisa kotoran yang masih menempel sehingga jerawat pasir pun akan tumpas.

Caranya:

  • Dekatkanlah wajah ke baskom yang berisi air hangat, lalu tutupilah kepala dengan handuk, agar uap yang keluar hanya terkonsentrasi pada bagian wajah. Setelah itu, basuhlah wajah dengan air dingin, untuk menutup pori-pori kembali.

3. Tomat

Buah tomat ternyata mengandung vitamin C dan E yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan inilah yang membantu untuk mengatasi jerawat pasir yang ada.

Caranya:

  • Gosokkan tomat langsung di wajah. Kamu cukup ambil satu buah tomat, potong menjadi dua bagian, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Gunakan jari-jari tangan untuk melakukan pijatan yang lembut agar cairan lebih meresap ke kulit wajah. Lakukan pijatan senyaman mungkin. Diamkan selama 10 menit, lalu bilaslah dengan air hangat. Lakukanlah hal ini secara teratur rasakanlah perbedaannya.

4. Lidah buaya

Senyawa antrakuinon yang dalam lidah buaya berperan dalam menangkal bakteri dalam tubuh yang menyebabkan timbulnya jerawat pasir. Selain itu, tanaman ini juga mengandung magnesium laktat yang dapat mengatasi rasa gatal akibat jerawat pasir serta merangsang pertumbuhan sel baru sehingga jerawatmu akan cepat sembuh.

Caranya :

  • Mulailah dengan memilih lidah buaya yang masih muda.
  • Kupas kulit dan ambil daging atau gel lidah buaya yang berwarna putih.
  • Oleskan gel tersebut pada bagian yang ditumbuhi jerawat pasir tersebut.
  • Diamkan dalam kurun waktu 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan tambahan pencuci muka sekalian.
  • Lakukanlah secara rutin dan teratur.

5. Air mawar dan garam

Jadi, kandungan antioksidan yang ada dalam air mawar mampu memperkecil pori-pori kulit. Air mawar mengandung antiseptik yang mampu menyerang bakteri penyebab utama timbulnya jerawat pasir, sehingga pori-pori yang tersumbat dapat bersih kembali.

Caranya:

  • Kombinasikan campuran antara garam dan air mawar.
  • Kamu dapat menambahkan satu sendok garam pada sebuah wadah, dan tambahkan satu sendok air mawar.
  • Tumbuklah garam dan air mawar tersebut hingga menjadi halus dan lakukan pemijatan secara melingkar pada areh yang berjerawat. Kombinasi ini dapat membuat jerawat pasir hilang satu persatu.
  • Lakukan ini dalam satu kali seminggu.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat Pasir"