6 Cara Jitu Pencegahan Tekanan Darah Tinggi

http://www.metodesehat.com/wp-content/uploads/2015/09/Cara-Jitu-Pencegahan-Tekanan-Darah-TinggiPenyakit yang menjamur di berbagai kalangan penduduk dunia adalah tekanan darah tinggi atau yang sering kita sebut dengan hipertensi. Penyakit yang mengakibatkan peningkatan risiko komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke ini harus anda perhatikan dengan seksama. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan penderita tekanan darah tinggi agar tidak kambuh atau menjadi lebih serius. Dari pencegahan tradisional dengan mengonsumsi Noni Juice atau mengkudu sampai pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia dari dokter. Bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, hal-hal di bawah ini mungkin bisa anda perhatikan sebagai tindakan pencegahan bagi penderita tekanan darah tinggi.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan Pencegahan Tekanan Darah Tinggi :

1. Kontrol pola makan anda

Yang pertama harus diwaspadai adalah pola makan anda. Pola makan yang tidak baik seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, tinggi kandungan gula dan garam bisa berisiko menaikkan kadar garam dalam tubuh anda dan membuat otot jantung menjadi kaku. Oleh karena itu, jika anda adalah penggemar makanan di atas, maka mulailah untuk menguranginya demi kesehatan tubuh anda.

2. Bergeraklah

Kecenderungan di dunia modern adalah semua serba instan dan cepat saji. Hal ini membuat anda kurang aktif menggerakkan tubuh. Terlalu lama duduk, banyak tidur dan kurang olahraga bisa meningkatkan risiko penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Mulailah dengan berjalan kaki atau lari kecil setiap pagi mengitari lingkungan rumah anda.

3. Hindari minuman beralkohol

Tindakan pencegahan bagi penderita tekanan darah tinggi berikutnya adalah dengan menghindari aneka jenis minuman yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol yang berbahaya yaitu kolesterol jahat atau sering disebut dengan trigliserida. Ini sangat berpotensi meningkatkan tekanan darah anda.

4. Perbanyak air putih

Air putih adalah hal sepele yang kadang terlupakan. Khasiatnya yang luar biasa ini kadang luput dari pandangan kita. Pencegahan penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air putih adalah langkah yang tepat. Ini akan menghilangkan racun dalam darah secara perlahan dan menjaga elastisitas pembuluh darah anda.

5. Hindari stres, berliburlah

Pikiran yang tegang dan tidak rileks akan menaikkan adrenalin. Hormon adrenalin ini akan memompa darah anda lebih cepat dan pada akhirnya jantung anda akan berdebar lebih cepat pula. Yang lebih parah, ketika anda stres, anda akan cenderung melahap semua makanan sebagai pelampiasan stres anda. Memakan makanan yang tidak terkontrol secara tidak langsung akan menyebabkan tekanan darah naik. Untuk itu, tindakan pencegahan bagi penderita tekanan darah tinggi yang tepat untuk stres adalah tenangkan pikiran anda dengan berlibur dan refreshing agar pikiran anda tidak kacau balau.

6. Lakukan pengecekan secara berkala

Tindakan pencegahan bagi penderita tekanan darah tinggi yang paling akurat adalah lakukan pengecekan tensi darah secara rutin. Dengan demikian, anda bisa mengetahui sudah seberapa parah penyakit tekanan darah tinggi anda dan apa yang sekiranya harus dilakukan. Anda bisa melakukannya di puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat. Biasanya, dalam pengecekan tersebut dokter atau petugas kesehatan akan sekaligus mengecek gula darah dan kadar kolesterol anda.
6 cara jitu di atas hanyalah beberapa alternatif dari sekian banyak cara lain untuk mencegah penyakit darah tinggi kambuh. Bagi anda yang tidak memiliki riwayat penyakit ini, akan lebih baik mencegahnya dengan berolahraga teratur, banyak memakan buah dan sayur yang tinggi serat, serta kurangi berat badan atau diet. Demikianlah cara mudah dan baik untuk pencegahan penderita tekanan darah tinggi.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "6 Cara Jitu Pencegahan Tekanan Darah Tinggi"