6 Cara Menghilangkan Ngantuk Setelah Makan Siang

6 Cara Menghilangkan Ngantuk Setelah Makan Siang

Pernahkah kamu merasakan mengantuk setelah makan siang? Hal itulah yang menyebabkan banyak orang sering tidur siang. Terkadang rasa kantuk ini mengganggu saat kamu harusnya sedang bekerja. Menurut para ilmuwan hal ini terjadi karena adanya reduksi oksigen yang diserap tubuh ketika kamu kekenyangan. Mengantuk setelah makan ataupun  tidur setelah makan adalah tanda-tanda terjadinya syok biokimia.  Ketika tingkat oksigen tubuh turun di bawah 20 detik, maka pengaruh yang terjadi adalah overbreathing (memerlukan kerja pernapasan lebih banyak) pada kadar oksigen otak. Keadaan ini akan mengganggu pencernaan yang sangat cepat dan dinamis. Darah menjadi miskin akan oksigen, dan menyebabkan berkurangnya pasokan dari enzim pencernaan, akumulasi dari produk sisa metabolisme dalam usus besar dan sel tubuh lainnya. Hal ini akan membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Semua mekanisme itu membuat kamu menjadi mengantuk. Berikut cara menghilangkan ngantuk setelah makan siang:

1.Perhatikan apa yang kamu makan

Timbulnya rasa mengantuk setelah makan siang seringlah terjadi. Hal ini memang tergantung dengan apa yang kamu makan pada saat itu. Segala makanan manis atau yang terbuat dari bahan tepung, seperti produk roti atau pasta memiliki kadar gula tinggi yang menyebabkan gula di dalam darah meningkat lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan menyebabkan pankreas melepaskan sejumlah besar insulin, yang akan merangsang suatu blok protein yang disebut triptofan dari aliran darah ke otak, dimana nantinya akan diubah menjadi serotonin yang membuatmu menjadi merasa mengantuk. Oleh karena itu, hindari makan makanan yang banyak mengandung gula dan tepung. Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan berupa sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijan, ikan, atau ayam. Kamu dapat memilih makan siang yang menggunakan sayuran sehat sebagai bahan utamanya, dan sertakan satu porsi sereal utuh dan protein sehat.

2. Makan cemilan sehat saat sore hari

Camilan sehat menjelang sore hari tepatnya adalah makanan yang tidak akan menghabiskan energimu, tetapi sebaliknya untuk meningkatkannya. Tahan godaanmu  bahkan untuk makan sebatang cokelat, dan gantilah dengan konsumsi buah-buahan, biskuit yang berlapis keju rendah lemak, atau semangkuk kacang almond.

3. Jangan terlalu banyak minum kopi

Kopi tentunya memiliki kafein yang dibutuhkan untuk tetap terjaga saat bekerja. Namun,jika diminum secara berlebihan tidaklah baik. Ini merupakan kebiasaan yang tidak baik karena dapat berisiko bahwa kamu akan mengalami kecanduan kafein. Cobalah untuk menggantinya dengan air putih. Air putih merupakan pilihan tepat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu sepanjang hari.

4. Berolaharga setelah makan

Berolahraga disini tidak perlu melakukan fitness ataupun jogging. Kamu hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti jalan santai. Berjalanlah keliling taman sekitar kantor sambil bercanda dengan teman sekantormu atau gunakan tangga untuk naik dan menghindari menggunakan lift. Olahraga membantumu untuk membuang kalori yang ada serta memperlancar aliran darah sehingga kamu merasa lebih segar.

5. Tidur sebentar

Jika rasa mengantuk sangat tidak bisa dilawan, kamu dapat membiarkan tubuhmu untuk rehat sebentar. Cobalah untuk meluangkan waktu tidur sejenak selama 10-20 menit. Hal ini dapat mengembalikan energimu yang berkurang setelah makan siang. Pasanglah alarm dengan benar sesuai waktu yang ditetapkan. Setelah bangun, segeralah minum air putih dan lakukan gerakan ringan untuk membantumu sadar sepenuhnya dan kembali lagi beraktivitas.

6. Sarapan pagi sehat

Jangan pernah melewatkan sarapan pagi jika tidak ingin mengantuk. Beberapa orang cenderung melewatkan sarapan dengan berbagai macam alasan, padahal sarapan pagi adalah suatu hal penting yang harus rutin dilakukan. Sarapan pagi dapat menjadi sumber energi awal untuk memulai aktivitas sepanjang hari. Tapi jangan asal sarapan dengan makanan tidak sehat. Pilihlah makanan yang sehat seperti gandum, sereal utuh, buah-buahan atau yoghurt untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari. Sarapan akan membantu melawan segala godaan pada makanan yang tidak sehat seperti junkfood pada siang hari, serta meningkatkan kesehatan tubuh secara fisik maupun mental sepanjang hari.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "6 Cara Menghilangkan Ngantuk Setelah Makan Siang"