6 Risiko Buruk Kebiasaan Menyilangkan Kaki

No comment 1330 views

6 Risiko Buruk Kebiasaan Menyilangkan Kaki

Menyilangkan kaki terkadang menjadi sebuah kebiasaan bagi beberapa orang. Tanpa kamu sadari bahwa menyilangkan kaki adalah sebuah kebiasaan buruk yang nantinya akan berakibat buruk pula bagi kesehatan. Kebiasaan ini adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, terlebih lagi wanita. Beberapa wanita sering menganggap bahwa menyilangkan kaki membuat penampilan diri tampak seksi dan feminim. Suatu hal yang lumrah terjadi untuk menyilangkan kaki terutama dikalangan para wanita. Hal itu akan membuat bentuk tubuh terlihat lebih tegap dan pecaya diri akan terpancar. Namun pasti ada risiko yang harus dihadapi saat memiliki kebiasaan menyilangkan kaki itu sendiri.

1.Meningkatkan tekanan darah

Walaupun hanya bersifat sementara, namun tetaplah berakibat buruk bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, menyilangkan kaki dapat meningkatkan kadar sistol darah hingga 7% dan diastolik sebanyak 2% dari tekanan darah normalnya. Oleh karena itu disarankan dilarang untuk sering-sering menyilangkan kaki karena dapat berakibat buruk pada tekanan darahmu sendiri. Meski hanya sementara, tapi hal ini akan sangat mengganggu bukan?

Studi yang dilakukan oleh Adiyaman dari Nijmegen Medical Centre mengungkap bahwa resistensi pembuluh darah tidak akan mengalami peningkatan bila detak jantung lebih rendah dan kaki disilangkan. Namun, tekanan darah menjadi meningkat ketika darah keluar dari jantung secara bersamaan dengan saat kamu menyilangkan kaki serta pada saat itu mendorong darah pada bawah kaki naik menuju jantung. Inilah yang menyebabkan naiknya tekanan darah walaupun hanya bersifat sementara.

Namun hal yang perlu diingatkan bagi yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari duduk dengan menyilangkan kaki. Hal ini karena aliran darah menuju jantung akan mengalami peningkatan dan tentunya memperbesar risiko terjadinya Deep-Vein Thrombosis (DVT), yakni pembengkakan yang mengakibatkan nyeri dada atau gangguan pernapasan dan harus ditangani segera.

2. Kerusakan otot

Bukan hanya mengakibatkan sejumlah penyakit, tetapi duduk menyilang juga mempengaruhi otot hingga menyebabkan kerusakan. Dampaknya kaki menjadi lumpuh sementara dan terasa kaku mati,  tidak dapat digerakan, kram, hingga tidak berdaya. Jangan abaikan jika hal ini sering terjadi padamu karena terlalu sering menyilangkan kaki. Bahkan bisa berdampah lebih buruk dari yang dibayangkan.

3. Timbulnya varies dan keseleo otot

Penyebab varises dan keseleo otot bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk kaki menyilang. Sebab ketika kaki menyilang tekanan darah akan meningkat sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan varises. Oleh karena itu, kurangi aktivitas menyilangan kaki, karena tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuhmu nantinya.

4. Nyeri punggung dan leher

Kamu sering merasakan nyeri punggung dan leher? Bisa saja itu disebabkan oleh kebiasaan burukmu, duduk kaki menyilang.  Menurut seorang terapis, Vivian Eisenstadt mengungkapkan bahwa kemungkinan besar kamu akan mengalami nyeri otot leher dan punggung jika menyilangkan kaki dalam waktu yang lama. Posisi pinggul menjadi tidak seimbang dan otot pun terasa tertarik. Itulah yang menyebabkan tubuh terasa jadi nyeri. Jadi, kurangi posisi duduk kaki menyilang jika kesehatanmu tidak ingin terganggu.

5. Gangguan saraf pada kaki

Pada saat duduk dengan menyilangkan kaki, maka akan menekan saraf perineal, saraf utama yang ada di kaki. Saraf ini akan melintas di bawah lutut dan menjalar kesisi luar kaki. Akibat dari tekanan ini adalah dapat menyebabkan mati rasa dan kelumpuhan sementara pada beberapa otot di kaki ataupun paha. Alhasil kamu akan kesulitan ketika mengangkat tumitmu.

6. Merubah bentuk tulang belakang

Efek buruk lainnya dari kebiasaan duduk kaki menyilang adalah merubah postur tulang belakang. Hal ini terjadi karena pada saat duduk kaki menyilang, tulang belakang akan tertarik otomatis mengikuti cara duduk sehingga akan merubah postur secara perlahan-lahan hingga pada akhirnya membentuk huruf C. Inilah penyebab tubuh bungkuk juga. Tentunya bentuk ini sungguh tidak enak dilihat dan akan memperburuk kondisi tubuh. Sesuai kasat mata, wanita yang memiki kebiasaan sering duduk dengan kaki menyilang lebih banyak memiliki postur pundak yang menyamping atau lebih condong kesatu sisi.

 

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "6 Risiko Buruk Kebiasaan Menyilangkan Kaki"