7 Aromaterapi Alami Yang Menyehatkan Tubuh

No comment 1302 views

7 Aromaterapi Alami Yang Menyehatkan Tubuh

Tanpa kamu sadari aroma-aroma ini dapat menyehatkan tubuh. Sebab ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondiri tubuh tampak lebih tenang, rileks, dan berenergi. Beberapa jenis aromaterapi alami yang memberikan efek positif bagi tubuh adalah sebagai berikut.

1.Cokelat

Bau cokelat dapat menjadikan pilihan kamu sebagai aromaterapi yang menyehatkan. Bau cokelat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan. Jadi, jika otot kamu kram akibat stres, maka cobalah untuk menghirup bau cokelat. Aroma cokelat dapat menghasilkan endorfin yaitu hormon yang dapat membuat seseorang bahagia. Hal ini tentununya membuat suasana hat yang murung menjad bahagia.

2. Lavender

Aromaterapi lavender memiliki seribu manfaat yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Aroma lavender dapat berfungsi sebagai daya tahan tubuh. Jadi menghirup aroma ini secara rutin atau mengoleskannya pada beberapa bagian tubuh akan membantumu menguatkan daya tahan tubuh dan menjadikanmu tidak mudah sakit. Selain itu aromaterapi lavender dapat berfungsi sebagai obat tidur. Aroma dari lavender tersebut,akan membantu kamu dalam menuju dunia tidur dan mulai terlelap. Sehingga kamu dapat menikmati tidur secara normal dan sesuai waktu istirahat yang tepat.

3. Lemon

Aromaterapi dari lemon dapat bermanfaat sebagai penenang hati. Aromaterapi lemon mampu memberikan ketenangan hati, terutama bagi mereka yang sedang bad mood. Menghirup aroma lemon segar tidak hanya membuat seseorang lebih tenang dan nyaman, karena aroma ini juga membantu meningkatkan konsentrasi. Selain itu aromaterapi lemon sebagai penghalus kulit. Bila dioleskan pada kulit, maka dapat menjadikan kulit terasa halus.

4. Melati

Berdasarkan penelitian oleh Professor Hanns dari Rurh Universty menyatakan bahwa menghirup wewangian melati akan meningkatkan efek GABA. Senyawa tersebut secara alami ada di otak, berfungsi untuk meredakan kegelisahan. Dari ratusan aroma yang telah diteliti, didapatkan bahwa aroma melati memang paling efektif karena mampu meningkatkan hingga 5 kali lipat atau setara dengan obat penenang. Aroma melati juga dapat membantu wanita hamil untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melahirkan. Aroma melati juga dapat membantu melancarkan proses kontraksi saat persalinan. Selain itu, aroma melati telah banyak dipercaya dalam mengurangi segala kegelisahan dalam pikiranmu. Aroma melati juga dapat mengatasi berbagai masalah menstruasi dan menopause.

5. Minyak Essensial

Dalam sebuah studi kasis yang dilakukan Korea tahun 2006 menyatakan bahwa minyak esensial juga dapat membantu meringankan nyeri disaat haid. Salah satu minyak essensial yang sering dipakai adalah tea tree oil. Aromaterapi tea treee oil berfungsi sebagai stimultan sistemkekebalan tubuh baik terhadapa virus, jamur, ataupun bakteri. Selain itu, tea tree oil mampu meningkatkan sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Aromaterapi ini juga mampu untuk menghilangkan rasa stres dan depresi.

6. Apel hijau

Menurut studi yang dilakukan oleh Alan Hirsch, pendiri the Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, aroma apel hijau dapat membantu seseorang untuk menekan nafsu makan sehingga mampu mengontrol rasa lapar. Oleh karena itu bagi kamu yang mengeluhkan berat badan berlebih, aromaterapi ini bisa menjadi pilihan sebagai penunjang diet.

7. Jeruk

Kesegaran dari aroma jeruk akan membangkitkan semangat tersendiri bagi tubuhmu. Aroma jeruk juga terbukti mampu membuat seseorang menjadi fresh dan kembali untuk bersemangat. Beberapa senyawa yang terkandung dalam jeruk antara lain linalol yang bersifat penenang, sitronela yang juga berfungsi sebagai penenang serta pengusir nyamuk, dan limonen yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah. Selain itu, aromaterapi jeruk juga membantu merangsang pembentukan kekebalan tubuh dalam melawan segala infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Aromaterapi alami ini juga dapat menetralkan asam dalam tubuh, sebagai anti depressan, dan menumbuhkan semangat sehingga baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "7 Aromaterapi Alami Yang Menyehatkan Tubuh"