7 Buah Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes Melitus

7 Buah Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau dikenal dengan kencing manis merupakan suatu kelainan metabolisme kronik yang terjadi karena berbagai penyebab, ditandai dengan konsentrasi glukosa darah yang melebihi normal, disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang bisa diakibatkan oleh kelainan kerja insulin, kelainan sekresi hormon insulin, ataupun kedua-duanya. Oleh karena itu, penderita diabetes melitus harus mengontrol kadar gulanya secara teratur sehingga tidak melebihi dari batas normalnya dan mencegah segala komplikasi yang terjadi. Konsumsi makanan yang rendah akan gula harus tetap diperhatikan disertai pola hidup yang sehat. Buah yang cocok untuk diabetes melitus antara lain:

1.Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang rendah gula. Buah apel memiliki kandungan pektin dan galacturonic yang bermanfaat menurunkan kadar insulin bagi penderita diabetes. Buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah yaitu 30-50, yang membuat buah ini sangat cocok bagi penderita diabetes. Cara terbaik mengonsumsi apel adalah memakannya dalam bentuk mentah tanpa karamel ataupun gula. Menurut pakar diet dari New York, Zucketbrot, menyarankan untuk memakan apel beserta kulitnya. Hal ini dimaksudkan agar vitamin, serat, mineral, dan antioksidan di dalamnya tidak hilang.

2. Pir

Khusus buah pir yang berwarna merah mengandung antosianin, jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin, suatu faktor penyebab untuk terkena diabetes. Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi buah pir secara rutin memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes atau kencing manis. Kandungan buah pir yang banyak mengandung serat larut bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol, dan serat tidak larut, yang membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Satu buah pir mengandung enam gram serat, atau sekitar 20 persen dari asupan harian yang disarankan.

3. Kiwi

Kiwi juga bisa menjadi pilihan buah yang tepat. Konsumsi buah kiwi secara rutin dapat mengontrol kadar gula darah dengan cepat, sehingga buah ini sangatlah cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes ataupun bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Buah kiwi memiliki kandungan kaya akan serat yang dapat mengontrol tingkat gula darah dalam darah seseorang, dan juga menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.

4. Jeruk

Kandungan naringenin yang terdapat pada buah jeruk berguna untuk menyeimbangkan antara kadar glukosa dan kadar insulin dalam darah. Buah jeruk juga bermanfaat untuk menjaga berat badan sehingga mencegah kegemukan. Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu penyebab penyakit diabetes. Jeruk tentunya memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi sehingga berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah

5. Berry

Buah kecil yang satu ini memiliki kandungan glikemik dan karbohidrat yang rendah dibanding dengan jenis buah-buahan lainnya. Buah berry mengandung vitamin C, asam folat, fitokimia, dan serat tinggi. Kandungan nutrisi yang ada berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan serta mengontrol kadar gula dalam darah penderita diabetes.

6. Tomat

Kandungan tomat sangat cocok menjadi menu untuk diabetes. Tomat mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung lutein dan likopen yang membantu melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes. Penelitian di Australia menyatakan bahwa konsumsi jus tomat setiap harinya dapat mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang seringkali terjadi pada penderita diabetes. Jika tidak ditangani segera, penggumpalan darah ini dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, serangan jantung, atau penyakit berbahaya lainnya hingga dapat mengancam jiwa.

7. Pepaya

Buah ini tentu mudah untuk didapatkan. Pepaya memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, dan serat halus yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah pepaya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang sering mengancam bagi penderita diabetes melitus.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "7 Buah Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes Melitus"