7 Makanan Pencegah Kanker Payudara Secara Dini

7 Makanan Pencegah Kanker Payudara Secara Dini

Kanker payudara merupakan penyakit berbahaya yang tidak pandang bulu baik perempuan hingga laki-laki. Penyakit ini dapat menyerang segala aspek usia baik remaja hingga dewasa. Kanker payudara merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian utama akibat kanker pada wanita di dunia. Prevalensi kanker payudara terus meningkat secara global termasuk di Indonesia. Data Departemen Kesehatan 2015 menunjukkan kanker payudara menjadi penyakit dengan prevalensi tertinggi di Indonesia tahun 2013. Estimasi jumlah absolut kanker payudara 61.682 jiwa. Tingginya angka penyakit, semakin membuat kita untuk berhati-hati dan menghindari penyakit itu ada pada diri kita. Berikut jenis makanan pencegah kanker payudara secara dini:

1.Konsumsi ikan salmon

Minyak ikan kaya akan lemak yang baik bagi tubuh. Sebuah analisis studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi ikan salmon memiliki kemungkinan lebih rendah menderita kanker payudara dibanding yang tidak. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, American Heart Association menyarankan untuk menambah 3,5 ons lemak ikan untuk menu makan dua kali seminggu.

2. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin, serat dan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas serta racun dari dalam tubuh. Antioksidan dan serat juga memainkan peran penting untuk melindungi tubuh dari segala jenis kanker, termasuk kanker payudara. Kamu dapat mencoba beberapa sayuran hijau seperti kembang kol, bayam, ataupun kubis. Memasak sayur juga perlu trik khusus agar kandungan yang didalamnya tidak menghilang. Jika kamu salah mengolah sedikit saja, kandungan gizi dan mineral bisa rusak ataupun menguap sia-sia. Cara sehat yang dianjurkan adalah mengonsumsi beberapa sayuran segar tanpa dimasak. Hanya saja, kadang mencuci sayuran hingga bersihpun tidak cukup untuk membunuh bakteri atau insektisida yang ada.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya akan polifenol dan antikosidan yang memiliki sifat melawan kanker payudara. Selain itu, kandungan teh hijau adalah adanya molekul gizi yang paling kuat yaitu Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang berperan melawan pembentukan pembuluh darah oleh sel kanker. Sebuah studi dari Jepang menemukan bahwa mereka yang minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki tingkat estrogen yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak.

4. Kedelai

Kandungan kimia yang kuat pada kedelai mampu memblokir rangsangan kanker yang berhubungan dengan hormon tertentu seperti estrogen dan androgen yang menjadi penyebab kanker payudara dan prostat. Bagi kamu yang telah mengonsumsi kedelai sejak usia muda, hal ini membuat kanker payudara tidak dapat berkembang secara agresif. Riset yang dilakukan pada wanita Asia menemukan bahwa fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai malah memiliki efek melindungi tubuh dari kanker payudara.

5. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan yang kaya akan sulforophane dan indoles. Kedua kandungan aktif ini dapat mengatur pertumbuhan sel serta membantu melawan berbagai kanker, termasuk payudara, limfoma, kandung kemih, prostat hingga kanker paru-paru. Berdasarkan penelitian di Pusat Kanker Universitas Michigan, Amerika Serikat menyatakan bahwa senyawa sulforophane dapat membantu mencegah atau mengobati kanker payudara dengan sasaran sel induk atau sel batang kanker (stem cells). Penelitian itu menguji sulforophane, senyawa yang ada pada brokoli dan kecambah brokoli. Para peneliti menemukan sulforophane bisa membunuh sel induk kanker dan mencegah tumbuhnya tumor baru.

6. Ubi Jalar

Studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa wanita yang banyak makan sayur dan buah yang mengandung karotenoid memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Ubi jalar termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung banyak karotenoid.

7. Delima

Kandungan polifenol asam ellagic pada delima berfungsi sebagai antioksidan yang tidak hanya menjaga kesehatan jantung, juga dipercaya menghambat segals enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara. Kamu dapat rutin meminum satu cangkir atau 250 ml per hari untuk mencegah kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan polifenol asam ellagic memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan kanker payudara.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "7 Makanan Pencegah Kanker Payudara Secara Dini"