Ada Bekas Jerawat, Jangan Takut

No comment 1292 views

Ada Bekas Jerawat, Jangan Takut

Tidak sedikit jerawat yang menimbulkan bekas, inilah yang sering ditakutkan oleh banyak orang. Beberapa orang sering menyebut bekas jerawat dengan bopeng. Sebenarnya bekas jerawat muncul akibat kelalaian dari dirimu sendiri. Pada saat kamu berjerawat sering memainkannya dengan menyentuhnya dan memecahkannya sampai nanahnya keluar. Hal itu menjadi kepuasan tersendiri dibandingkan membiarkan jerawat tersebut terus-terusan ada. Padahal teorinya jerawat itu tidak boleh disentuh hingga keluar nanah. Kamu harus menunggu sampai jerawat itu benar-benar matang. Hal inilah yang sering membuat timbulnya bekas jerawat. Namun jika itu benar-benar terjadi, kamu tidak perlu takut karena kamu bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat tersebut dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1. Tangani secara cepat

Ini adalah hal pertama yang harus segera kamu lakukan. Semakin cepat kamu menangani bekas jerawat, semakin cepat pula bekasnya akan hilang. Jerawat itu bisa saja hilang hanya dalam hitungan hari, tapi bekas jerawat bisa mmemkan waktu lebih lama hingga berbulan-bulan, bahkan setahun jika memang kasusnya parah.

2. Gunakan produk yang tepat

Vitamin C dan retinol merupakan kandungan yang mampu membantu mengatasi bekas jerawat yang kemerahan. Saat ini, sudah banyak produk-produk yang dijual di pasaran yang mengandung dua bahan ini, jadi carilah produk yang mengandung dua bahan ini. Bahan lain seperti tretinoin,  merupakan bahan aktif yang merupakan derivatif dari vitamin A. Kandungan ini paling sering diberikan oleh para dokter untuk mengatasi bekas jerawat sebagai pengobatan topikal paling umum.

3. Lidah buaya

Kamu bisa memulai perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Mulailah dari bahan alami berupa  lidah buaya. Lidah buaya sebenarnya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis luka termasuk bekas jerawat. Kandungan aloesin merupakan suatu zat yang menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Tidak hanya itu, senyawa dalam lidah buaya juga  mampu merangsang terbentuknya sel kulit baru dan memudarkan segala bekas jerawat yang ada.

Caranya :

  • Mulailah dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian
  • Iris pada bagian yang berduri
  • Kupas bagian atas kulit lidah buaya agar mempermudahmu untuk mengambil gelnya
  • Ambil pada bagian gelnya
  • Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah atau pada bagian bekas jerawat
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari selama sebulan

4. Bawang putih

Jangan meremehkan manfaat bawang putih yang cuma bisa berfungsi sebagai bahan masakan saja. Bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan kulit termasuk mengatasi bekas jerawat. Kandungan senyawa thiacremonon sulfur yang terdapat pada bawang putih dapat mengeringkan jerawat. Selain itu, adanya senyawa allicin bersifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri sebagai penyebab jerawat.

Caranya :

  • Haluskan bawang putih yang ada, lalu oleskan pada bekas jerawat
  • Diamkan dalam waktu beberapa menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, bawang putih yang dihaluskan dapat dikombinasi dengan cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah.

5. Cuka apel

Cuka apel sering dikenal dengan ramuan ajaib karena kandungan di dalamnya memiliki manfaat menghilangkan bekas jerawat yang ada. Cuka apel dapat menjadi pilihan pengobatan bekas jerawat yang efektif. Contohnya Cuka apel tahesta yang dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat tanpa menimbulkan efek samping bagi tubuh. Sebenarnya cuka apel adalah cairan asam yang bersifat anti bakteri. Cuka apel menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah terkondisi parah. Jadi cuka apel akan memberikan perlindungan kulit dengan menghilangkan segala sumbatan yang ada pada pori-pori wajah,  serta memberi kemampuan kulit untuk bisa bernapas sehat. Selain itu cuka apel juga membantu membentuk lapisan pelindung yang kuat pada kulit wajah serta tubuh secara menyeluruh.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ada Bekas Jerawat, Jangan Takut"