Apa Sajakah Pantangan Penderita Diabetes?

Pantangan penderita diabetes yang berasal dari berbagai jenis makanan dan minuman perlu anda ketahui untuk mencegah komplikasi yang semakin memburuk. Diabetes atau penyakit gula darah ini merupakan penyakit yang diderita oleh sebagian besar orang Indonesia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan dari ayah atau pun ibu yang berdampak pada anak-anaknya. Namun tidak selalu demikian dan diabetes pun dapat dicegah dengan cara menghindari berbagai pantangan yang dianjurkan oleh dokter. Artikel ini akan membahas tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang merupakan pantangan bagi penderita diabetes.

Berbagai jenis makanan yang menjadi pantangan untuk orang yang menderita diabetes adalah makanan yang banyak mengandung glukosa dan juga karbohidrat.

Berikut beberapa jenis makanan yang perlu di kurangi/di hindari sama sekali oleh penderita Diabates :

1. Nasi

2. Kentang

3. Goreng-Gorengan

4. Minuman Soda

 

1. Nasi

Jika makanan tersebut terus dikonsumsi, maka keadaan bisa menjadi semakin memburuk dan menyebabkan komplikasi yang berujung pada penyakit ginjal bahkan kebutaan. Oleh karena itu, pantangan bagi penderita diabetes yang pertama tentu saja adalah nasi. Seperti yang anda ketahui, nasi adalah sumber karbohidrat yang erat sekali hubungannya dengan kadar glukosa. Anda dapat menggantinya dengan menggunakan nasi merah ataupun nasi dari beras cokelat yang memiliki kadar gula yang sangat rendah. Nasi merah telah terbukti bagus untuk kesehatan dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, nasi merah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bias sekaligus menyehatkan saluran pencernaan anda.

pantangan-bagi-penderita-diabetes

2. Kentang

Pantangan penderita diabetes yang kedua adalah kentang. Jangan mengonsumsi secara berlebihan umbi-umbian yang lezat ini ataupun menu olahannya. Lalu mengapa kentang perlu dihindari? Hal ini disebabkan karena kentang merupakan umbi yang banyak mengandung karbohidrat dan juga kadar glikemik yang berbahaya khususnya bagi penderita diabetes mellitus atau penderita diabetes akut. Maka dari itu, hindarilah olahan kentang sebagai salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Mulai dari sekarang batasi menu seperti kentang goreng, kentang rebus, ataupun olahan kentang lainnya dalam menu harian anda.

3. Goreng-Gorengan

Selanjutnya, anda juga harus tahu bahwa gorengan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari. Banyak orang berpikir bahwa gorengan merupakan makanan yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Tetapi tahukah anda, jika gorengan tersebut digoreng menggunakan minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng berkali-kali? Konsumsi gorengan yang berlebihan akan merusak sistem metabolisme tubuh, menyebabkan penyakit stroke dan juga merupakan salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi gorengan terlalu banyak untuk mencegah berbagai penyakit yang timbul. Anda juga tidak boleh lupa bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak bisa memicu obesitas dan panas dalam.

4. Minuman Soda

Pantangan selanjutnya datang dari salah satu jenis minuman yang segar dan nikmat yaitu soda. Ketika membayangkan soda saja sudah langsung terbesit kesegaran dalam benak kita. Terlebih lagi di suasana yang panas pada siang hari. Namun sayangnya minuman segar ini harus dihindari oleh penderita diabetes. Bagi anda yang sehat juga sebaiknya tidak mengonsumsi soda secara berlebihan karena minuman ini tidak baik untuk kesehatan. Minuman soda mengandung pemanis buatan yang apabila dikonsumsi oleh orang yang tidak menderita diabetes sekalipun dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar gula darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman soda terlalu banyak tidak baik untuk tubuh karena selain merusak sistem metabolisme tubuh, ini juga akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Itulah beberapa pantangan penderita diabetes yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk seluruh keluarga.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Apa Sajakah Pantangan Penderita Diabetes?"