Asupan Vitamin C bisa MENCEGAH STROKE

Vitamin-C-resizedKebutuhan asupan Vitamin C bagi tubuh begitu penting, selain sebagai anti Oksidan ternyata Vitamin yang tinggi ternyata diketahui dapat MENCEGAH PENYAKIT STROKE. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Norfolk, Inggris terhadap sekitar 20.000 orang.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi, ternyata memiliki tingkat resiko 40% lebih kecil terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin C yang rendah, dan hal tersebut di teliti sekitar 448 kasus stroke yang terjadi selama penelitian tersebut berlangsung.

American Journal of Nutrition  merupakan Jurnal Resmi kesehatan yang membeberkan Hasil penelitian gemilang yang dilakukan ilmuwan Inggris bernama Dr. Phyo K. Myint tersebut.Sang ilmuwan menegaskan bahwa hasil penelitian tersebut menjadi bukti kuat bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah besar dan konsisten, berguna untuk melindungi diri dari serangan stroke.

Kebutuhan asupan vitamin C tidak dipenuhi hanya dari asupan suplemen saja. Mengonsumsi suplemen tentu diperbolehkan, asalkan dengan jumlah yang terbatas alias tidak menggantungkan kebutuhan vitamin C harian Anda dari suplemen saja.

Mengapa demikian? Karena vitamin C yang berasal dari suplemen sangat mungkin sudah tidak murni akibat banyaknya campuran dari zat-zat yang lainnya sehingga kandungan vitamin C-nya hanya sedikit.

Kadar Vitamin C alamai yang banyak terkandung di dalam buah-buahan dan sayuran alami jauh lebih tinggi manfaatnya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sendiri berpotensi merusak sel-sel DNA yang dapat menyebabkan penuaan dini dan timbulnya berbagai penyakit kronis. Antioksidan diduga kuat dapat melindungi kita dari tumpukan lemak di bagian pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menjadi Pemicu serangan Stroke (cerecral Infarction).

Secara medis belum di ketahui pasti mekanisme vitamin C dalam mencegah terjadinya stroke. Yang pasti, ketercukupan akan vitamin C memang dapat menghindarkan kita dari resiko terjadinya serangan stroke yang membahayakan. Apalagi, kalau konsumsi vitamin C diikuti dengan pola hidup sehat. Tentu saja, khasiatnya akan lebih terasa.

Aneka Buah Sumber Vitamin C : 

Banyak Buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C yang di dapat secara alami. Namun, tiap-tiap buah tentu saja memiliki kadar kandungan vitamin C yang berbeda-beda.

lalu, buah-buah apa saja yang memiliki kandungan vitamin C tinggi? Ternyata, buah-buahan yang banyak tumbuh di kawasan tropis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Guava Crystal

Guava-crystalBuah asal Brazil ini ternyata memiliki kandungan vitamin C hingga 228 mg per 100gram buah atau hampir lima kali lipat dibandingkan jeruk. 100 gram Guava Crystal kira-kira hanya seukuran 1 buah Guava Crystal ikuran sedang. Itu pun sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak dua setengah kali lipat.

Jambu Monyetjambu-monyet

Anda pasti pernah mencoba Jambu monyet, bukan? Nah, buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sebanyak 197 mg vitamin C. Selain itu, di dalam Jambu monyet, juga terkandung komposisi nutrisi penting lainnya berupa energi, kalsium, lemak, protein, zat besi, dan juga fosfor.

Buah Duwet/Buah Jamblang

buah-duwet-jamblangDuwet atau yang kerap disebut dengan buah Jamblang merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak varietas. Kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi.Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekitar 130 mg vitamin C. Nutrisi lainnya yang ada di dalam Duwet antara lain berupa zat besi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan lainnya.

Jambu Biji/Jambu Batujambu-batu

Buah lokal lainnya yang banyak mengandung vitamin C ialah Jambu biji dengan dagingnya yang putih. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung vitamin C sebanyak 116 mg.Sedangkan, nutrisi lainnya yang juga terkandung di dalamnya meliputi fosfor, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, dan lainnya. Manfaat Jambu biji ini antara lain untuk mengontrol diabetes, maag, diare, masuk angin, dan bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah kanker dan stroke serta penyakit lainnya.

Kiwi Zespri

ZESPRI-GREEN-KiwifruitBuah asal negeri China ini sudah banyak dijual oleh Sunpride di supermarket seluruh Indonesia. Umumnya ada dua jenis kiwi zespri yang dijual, yakni berwarna kuning dan hijau. Golden sebutan untuk kiwi zespri berwarna kuning bernutrisi lebih tinggi daripada yang hijau. 100gram kiwi zespri mengandung 93mg vitamin C atau hampir dua kali lipat dibandingkan jeruk

Pepaya

Kandungan vitamin C pada buah asli Meksiko dan bagian Utara Amerika Selatan ini kurang lebih sebanyak 62 mg disetiap 100 gram per buahnya. Tak heran apabila saat ini Sunpride juga memasarkan buah ini ke seluruh plosok Indonesia. Sunpride memiliki 2 jenis pepaya yaitu pepaya California dan pepaya Hawaii.

Nanas

pineapples-nanasBuah asal Brazil dan Paraguay ini juga didistribusikan oleh Sunpride. Namun jenis nanas yang dipopulerkan bukan sekedar nanas biasa melainkan Nanas HONI yang kualitasnya lebih baik dibandingkan nanas pada umunya, karena berasal dari budidaya bibit unggul dan di treatment dengan baik mulai penanaman hingga pendistribusiannya. Untuk kandungan vitamin C dalam nanas biasa saja, per 100 gr buahnya mengandung 56 mg vitamin C. Rasa Nanas HONI sangat manis dan memiliki kadar kalsium oksalat yang rendah sehingga tidak menimbulkan rasa gatal jika

Pomelo/Jeruk Bali

pomelo-jerukbaliNama buah yang satu ini pasti tidak awam ditelinga Anda. Buah asli Asia Tenggara dan Asia Selatan ini, namanya adalah nama resmi dari buah yang biasa dikenal dengan nama Jeruk Bali. Kandungan buah yang namanya sempat diganti dengan Pomelo ini memiliki kandungan vitamin C sebesar 61 mg per 100 gr per buah atau masih lebih tinggi dibandingkan buah jeruk biasa.

Lengkeng

Buah tropis asal Asia Tenggara dan Asia Selatan ini telah dinyatakan terancam hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), lembaga investaris status konservasi spesies biologi dunia paling kredibel. Untuk di Indonesia sendiri, pohon lengkeng masih dilestarikan dan buahnya masih mudah dicari dan dinikmati. Beruntung juga karenalengkeng kandungan vitamin C yang terdapat pada 100 gram lengkeng mengandung 84mg atau 1,75 kali lipat dibandingkan jeruk.

Leci

LeciBuah ini masih bisa Anda jumpai di supermarket atau kios penjual buah tepi jalan. Buah yang baunya wangi dan berasa masam serta manis ini sarat vitamin C hingga mencapai 71 mg per 100 gr per buah.

Strowberi

Buah asal Perancis ini mengandung vitamin C sebanyak 59 mg untuk per 100 gr buahnya. Sehingga masih lebih tinggi juga dari pada jeruk. Di Indonesia stroberi juga biasa dikenal dengan nama arbeistrawberry

Itulah beberapa buah lokal yang banyak mengandung vitamin C, yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit stroke. Sebaiknya, Anda rutin mengonsumsinya supaya ketercukupan vitamin C di dalam tubuh Anda dapat terpenuhi secara maksimal.

 

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Asupan Vitamin C bisa MENCEGAH STROKE"