Bahayanya Kertas Koran untuk Wadah Gorengan

No comment 2096 views

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kertas koran bekas. Sayangnya kertas koran bekas tersebut banyak dimanfaatkan untuk makanan, umumnya digunakan untuk wadah gorengan. Banyak pedagang gorengan yang memanfaatkan kertas koran bekas tersebut sebagai wadah untuk meniriskan minyak pada gorengan. Bahkan mereka tidak memikirkan betapa bahayanya kertas koran untuk wadah gorengan tersebut.

Pemakaian kertas koran untuk wadah gorengan seakan dianggap biasa, padahal kertas koran terdapat tulisan-tulisan yang berasal dari tinta. Dimana tinta tersebut mengandung bahan kimia timbal yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.Bahayanya Kertas Koran

Tinta pada Koran bersifat larut. Sehingga ketika kertas koran digunakan untuk membungkus gorengan panas akan mengakibatkan proses pencairan tinta atau kandungan timbal di dalamnya dan menempel pada gorengan yang kita makan.

Jika kandungan kimia timbal masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama maka akan mengakibatkan penumpukan bahan kimia timbal yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh.

Berikut beberapa bahaya kertas koran untuk wadah gorengan.

Penderita kanker mengalami peningkatan yang signifikan dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Menggunakan kertas koran sebagai wadah gorengan menjadi salah satu kebiasaan yang tidak sehat.

Pasalnya tinta pada kertas koran yang memiliki senyawa kimia akan menempel pada gorengan yang kita makan. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama maka senyawa kimia pada tinta akan mengendap pada tubuh dan akan memicu tumbuhnya sel sel kanker.

  • Menggangu Kesehatan Paru-paru dan Ginjal

Selain timbal, zat lainnya yang terkandung pada kertas koran yaitu grafit. Jika zat grafit ini tertelan dan masuk ke dalam tubuh dapat menjadi racun bagi tubuh. Ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama dan terjadi dengan berkala, maka tubuh tidak akan mampu untuk menghilangkan racun yang biasanya melalui eksresi.

Jika zat grafit dalam tubuh terus terakumulasi, hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal dan paru-paru yang lambat laun akan mengganggu fungsi dari kedua organ tubuh tersebut.

  • Menggangu kesehatan pencernaan dan hormon

Bahaya kertas koran sebagai wadah gorengan tidak hanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Namun dampak buruknya dapat kita rasakan dalam waktu yang cepat. Tinta pada kertas koran sangat mudah larut ketika terkena gorengan panas dan akan menempel pada gorengan tersebut. Sehingga ketika senyawa kimia tersebut masukĀ  ke dalam tubuh akan menimbulkan reaksi yang dapat mengganggu pada kesehatan pencernaan.Selain gangguan pencernaan, kandungan timbal pada kertas koran juga dapat menggangu keseimbangan hormone tubuh.

Setelah mengetahui bahayanya kertas koran, perlu diperhatikan kembali serta menghindari untuk melakukan kebiasaan tersebut. Khususnya para penjual yang tidak sadar akan bahaya tersebut perlu diberikan pengertian akan bahaya yang ditimbulkan dari kertas koran sebagai wadah gorengan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Bahayanya Kertas Koran untuk Wadah Gorengan"