Bahayanya Penyakit Hepatitis yang perlu anda ketahui

Belakangan  ini kita mendengar berita tentang penyebaran penyakit hepatitis dilingkup kampus ternama di wilayah propinsi bogor. Informasi yang di dapat memang cukup membuat kita agak ngeri mendengarnya. Bagaimana tidak, penyakit hepatitis yang selama ini kita dengar ini, timbul begitu cepat. Apa sebenarnya sebab-sebab penyakit hepatitis begitu cepat menyebar? Mungkin kita tidak pernah tahu sebelumnya bentuk penyebarannya seperti apa, yang kita tahu adalah proses pencegahannya dengan cara imunisasi hepatitis/Vaksinasi yang sudah umum di lakukan di sekolah-sekolah maupun dalam program imunisasi wajib di rumah sakit atau klinik kesehatan anak.

Hepatitis itu sendiri adalah kondisi terjadinya proses peradangan ataupun pembengkakan yang terjadi pada organ hati. Peradangan atau pembekakan bisa terjadi karena adanya factor infeksi virus maupun keracunan alcohol. Hepatitis secara umum bisa di sembuhkan dengan mudah, akan tetapi pada kasus jenis hepatitis tertentu,infeksi bisa bertahan lama pada liver manusia, bahkan ada yang sampai kondisi gagal hati, yang kita kenal sebagai kanker hati.

Bahayanya Penyakit Hepatitis yang perlu anda ketahui

Metodesehat.com – Bahayanya Penyakit Hepatitis yang perlu anda ketahui

Secara umum Sebab-sebab penyakit hepatitis ini ketika menginfeksi seseorang akan mengalami kondisi umumnya seperti terserang penyakit flu, antara lain :

  1. Mengalami demam
  2. Nyeri pada bagian persendian
  3. Mengalami nyeri sakit kepala
  4. Timbulnya rasa lelah di sekujur tubuh

Jenis-jenis penyakit hepatitis yang harus kita ketahui bersama  :

Jenis-jenis penyakit hepatitis

Metodesehat.com – Jenis-jenis penyakit hepatitis

  1. Hepatitis A

Jenis hepatitis ini terjadi karena infeksi virus hepatitis jenis A, dimana jenis virus Hepatitis A ini bisa menyebabkan peradangan serta dapat mempengaruhi kemampuan fungsi hati. Untuk jenis pada hepatitis A jarang  terjadi, dan umumnya penderita akan sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan khusus. Penyebab pada kasus hepatitis A ini terjadi karena adanya kontak dengan  penderita melalui makanan maupun minuman yang telah terinfeksi.

  1. Hepatitis B

Jenis hepatitis ini terjadi karena infeksi virus hepatitis jenis B (HBV), dalam kondisi tertentu, jenis hepatitis B ini mengakibatkan kondisi yang sangat kronis, seperti gagal ginjal maupun kanker hati serta gejal sirosis hati, namun pada umumnya saat usia dewasa akan pulih secara menyeluruh walaupun pada awal terjadinya infeksi mengalami kondisi atau gejala infeksi yang parah. Umumnya cara penularan pada kasus epatitis B ini melalui Darah, air sperma ketika terjadi hubungan badan atau cairan tubuh lainnya.

  1. Hepatitis C

Jenis hepatitis ini terjadi karena infeksi virus hepatitis jenis C (HCV), jenis Hepatitis C ini yang di anggap paling berbahaya dibanding jenis Hepatitis lainnya. Karena infeksi yang terjadi tidak menimbulkan efek apa-apa, sehingga yang  terjadi adalah seseorang sudah mengindap jenis Hepatitis C ini setelah melakukan proses pemerikasaan dan Diagnosis ke dokter. Proses penularan jenis Hepatitis C ini, hampir sama dengan proses penularan pada Hepatitis B, yakni melalui kontak darah yang sudah terinfeksi.

  1. Hepatitis D

Jenis hepatitis ini terjadi karena infeksi virus hepatitis jenis D (HDV). Umumnya yang terjangkit pada kasus Hepatitis D ini adalah, pasien yang sudah terinfeksi Hepatitis B sebelumnya. Tidak ada perbedaan antara jenis Hepatitis B ini dengan Hepatitis D, karena gejala yang di timbulkan hampir sama. Umumnya penderita hebatitis B, juga memiliki Hepatitis D ini kisaran 5%. Untuk penyebarannya hampir sama dengan jenis Hepatitis B.

  1. Hepatitis E

Jenis hepatitis ini terjadi karena infeksi virus hepatitis jenis E (HEV), yang akan melakukan infeksi kedalam sel hidup untuk berkembang biak (reproduksi). Umum penderita akan merasakan gejalanya setelah berjalan 2-9 minggu (masa inkubasi) setelah terinfeksi virus Hepatitis E ini.

Selain karena Virus, factor lain yang jadi sebab-sebab penyakit hepatitis ini, antara lain konsumsi alcohol yang berlebihan, sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, obat-obatan maupun peradangan yang timbul di Liver/Hati. Itulah beberpa jenis penyakit hepatitis yang perlu kita ketahui bersama. Sudah selayaknya kita untuk melakukan pencegahan sedini mungkin untuk terhindar dari penyakit hepatitis ini. Lakukanlah dari hal yang mudah, seperti melakukan Imunisasi sedini mungkin, terutama lakukanlah Imunisasi/Vaksinasi Hepatitis pada diri kita maupun buah hati kita.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Bahayanya Penyakit Hepatitis yang perlu anda ketahui"