Beberapa Makanan Sehat Kaya Kalsium Untuk tubuh

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan tubuh. Kalsium dalam tubuh berperan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi. Kalsium itu sendiri lebih banyak terkumpul pada tulang dan gigi. Persentasenya sangat kecil kalsium yang terdapat pada aliran darah, otot, saraf dan jaringan tubuh lainnya. Untuk menjaga jumlah kalsium, ada beberapa jenis makanan sehat kaya kasium untuk tubuh.

Kalsium terutama sangat diperlukan bagi pertumbuhan anak, bagi orang dewasa seiring bertambahnya usia kalsium dalam tubuh semakin berkurang. Untuk itu, ada baiknya untuk memperhatikan kebutuhan kalsium dalam tubuh agar tetap terpenuhi.

Beberapa Makanan Sehat Kaya Kalsium Untuk tubuhJika tubuh kekurangan asupan kalsium, maka tubuh akan mengambil kalsium yang terdapat pada tulang yang kemudia dilarutkan ke dalam aliran darah. Jika tubuh terus kekurangan kalsium maka dapat mengakibatkan masalah pada tulang yaitu osteoporosis.

Beberapa Makanan Sehat Kaya Kalsium Untuk tubuh

Selama ini, kalsium dikenal hanya dapat diperoleh dari susu. Faktanya beberapa makanan lain juga memiliki kandungan kalsium dan mampu memenuhi kebutuhannya dalam tubuh. Berikut beberapa makanan sehat yang kaya kalsium.

  • Ikan

Ikan sarden, ikan teri dan ikan salmon merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan kalsium. Selain kandungan kalsium yang cukup tinggi, terutama ikan salmon karena memiliki kandungan protein, lemak tak jenuh serta omega 3 yang dibutuhkan otak dan jantung untuk berkembang.

  • Keju

Keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu yang telah melalui proses fermentasi. Kalsium serta nutrisi lainnya seperti fosfor, protein, mineral dan vitamin pada susu juga dapat diperoleh dari keju. Di dalam keju terdapat bakteri baik yang berfungsi sebagai penghasil kalsium alami. Dengan kata lain, bakteri yang terdapat dalam keju dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi baru.

  • Sayuran Hijau

Tidak banyak yang mengetahui bahwa sayuran juga mengandung kalsium. Khususnya sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sawi hijau diketahui memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi serta mampu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

  • Buah pisang dan Jeruk

Kalsium dapat ditemukan juga pada buah, terutama pada buah pisang dan jeruk. Buah pisang khususnya memiliki kandungan zat besi, fosfor, magnesium, kalium, serta tentunya kalsium. Selain kandungan vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium sehingga mengkonsumsi pisang atau jeruk dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh dan memiliki peran yang penting dalam proses pembentukan tulang.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis dari kacang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kacang almond, kacang merah serta kacang kedelai merupakan jenis kacang yang dianggap memiliki kalsium yang sangat tinggi. Selain kalsium, kandungan protein dan vitamin E khususnya pada kacang almond mampu memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh.

  • Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe merupakan salah satu makanan sehat kaya kalsium yang banyak disukai. Selain karena harganya yang murah, tahu tempe juga memiliki rasa yang enak dan menyehatkan karena mengandung protein nabati. Tak hanya itu, tahu dan tempe juga merupakan makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi. Meski kalsium pada tahu dan tempe tidak sebanyak kandungan kalsium pada susu, namun kedua makanan ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh yang murah dan rendah kalori.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Beberapa Makanan Sehat Kaya Kalsium Untuk tubuh"