Beberapa makanan yang di Anjurkan untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang menuntut penderita harus selektif dalam memilih makanan yang akan masuk ke tubuhnya agar tidak memperparah penyakit tersebut. Makanan penderita diabetes patut diketahui untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan terkontrol. Perlu diketahui bahwa melonjaknya kadar gula darah pada penderita diabetes dapat menimbulkan komplikasi makrovaskuler contohnya gangguan pembuluh darah serta penyakit jantung. Makanan yang harus dipilih adalah yang mempunyai indeks glikemik rendah dan bernutrisi penting seperti potassium, vitamin A, magnesium, vitamin E dan C. Oleh karena itu, perhatikanlah apa saja makanan untuk penderita diabetes seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut Beberapa makanan yang di Anjurkan untuk Penderita Diabetes :

makanan-yang-di-Anjurkan-untuk-Penderita-Diabetes1. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang mengandung serat untuk menghilangkan lemak dan mengontrol kadar gula dalam darah. Penelitian telah dilakukan bahwa orang yang mengonsumsi jus blueberry secara teratur dapat menurunkan kadar glukosanya di dalam darah. Selain itu, buah ini juga mampu meredam depresi, serta mampu meningkatkan daya ingat. Hal tersebut dikarenakan buah yang mirip anggur ini mengandung senyawa kimia alami yang disebut antosianin yang berguna untuk membuat sel lemak mengecil dan merangsang produksi adiponektin, hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah dan menjaganya agar tetap normal. Makanan untuk penderita diabetes ini layak untuk dikonsumsi karena khasiatnya yang memang sudah teruji dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Apalagi blueberry disebut sebagai “Diabetes Superfood” oleh American Diabetes Association (ADA).

2. Cokelat Hitam

Makanan penderita diabetes yang kedua adalah cokelat hitam yang mengandung banyak flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin, mempercepat olahan glukosa darah, memperkecil resistensi insulin dan mengurangi keinginan untuk makan yang berlebih. Meskipun demikian, tidak semua cokelat dapat memberikan manfaat yang sama. Menurut penelitian, mereka yang mengonsumsi cokelat hitam akan cenderung merasa tidak ingin makan makanan manis, berlemak, dan asin. Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam lebih tinggi dibandingkan cokelat susu yang lebih tinggi kadar gula dan lemaknya. Selain itu, flavanoid juga berguna untuk mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung, serta dapat mengendalikan tekanan darah.

3. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan untuk penderita diabetes yang sangat direkomendasikan. Ikan akan membuat Anda lebih lama kenyang dan tentu saja mengandung nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 nya juga dapat meredakan radang. Telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa orang yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 lebih tinggi di dalam darahnya, memiliki risiko lebih rendah untuk terkena inflamasi. Inflamasi yang tinggi dapat memperburuk penyakit diabetes dan dapat menimbulkan masalah berat badan. Salah satu komplikasi diabetes adalah stroke, dan risikonya dapat ditekan dengan mengonsumsi ikan. Namun, masaklah ikan dengan cara dipanggang atau kukus, karena jika ikan atau seafood digoreng, ini malah akan meningkatkan risiko penyakit yang sama.

4. Brokoli

Sayuran hijau ini ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan dikatakan sebagai pilihan terbaik makanan untuk penderita diabetes. Penelitian yang dilakukan oleh Warwick University yang kemudian dimuat di jurnal “Diabetes” mengatakan bahwa brokoli memiliki senyawa yang disebut sulforaphane. Senyawa ini mampu memperbaiki serta melindungi dinding pembuluh darah dari kemungkinan kerusakan kardiovaskular yang bisa diakibatkan oleh diabetes. Sulforaphane juga memicu proses anti-inflamasi dan mengatur kadar glukosa serta meningkatkan detoksifikasi alami. Selain itu, makanan penderita diabetes ini juga mengandung kromium yang berfungsi untuk meningkatkan kadar sensitivitas insulin dalam tubuh.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Beberapa makanan yang di Anjurkan untuk Penderita Diabetes"