Beberapa Perbedaan Daging Merah VS Daging Putih dan Manfaatnya

Salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh yaitu berasal dari daging. Daging berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua yakni daging merah dan daging putih. Kedua jenis daging ini sama-sama memiliki kandungan protein yang dibutuhkan tubuh. Meskipun sama, sebenarnya ada beberapa perbedaan daging merah dan daging putih dan manfaatnya untuk tubuh.

Meski keduanya sama-sama memiliki kandungan protein, tentu jumlah atau takaran kandungannya akan berbeda. Begitupun dengan kandungan nutrisi lainnya pada daging merah atau daging putih akan berbeda.

Perbedaan daging merah dan putihBeberapa Perbedaan Daging Merah VS Daging Putih dan Manfaatnya

Agar lebih jelas, berikut beberapa perbedaan daging merah dan daging putih dilihat dari kandungan serta manfaat dan kekurangannya bagi tubuh.

Daging Merah

Disebut daging merah, karena jenis daging ini memang memiliki warna merah. Hal ini disebabkan karena daging merah memiliki myoglobin yang lebih banyak, yakni sel-sel yang berperan membawa oksigen ke otot di dalam aliran darah. Daging merah berasal dari hewan-hewan seperti sapi, domba, kambing, kuda, kerbau, dan babi.

Kadungan pada daging merah yang utama yaitu protein yang sangat tinggi dan berkualitas bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan lainnya pada daging merah yakni serat yang juga cukup tinggi, serta sejumlah vitaminĀ  A, D, K, serta beberapa jenis vitamin B seperti B2, B3, B6 dan B12. Omega 3 juga terdapat pada daging merah, serta masih banyak kandungan seperti zat besi, asam amino, seng, selenium dan sebagainya.

Mengetahui banyaknya kandungan baik pada daging merah, terutama daging merah yang berasal dari sapi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daging merah.

  • Sumber energi
  • Pembentuk sel-sel yang rusak dalam tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh serta memperlambat proses penuaan.
  • Pencegah Kanker atau Anti-karsinogen.
  • Mencerdaskan Otak.

Meski daging merah memiliki protein yang tinggi, namun lemak yang terkandung juga tinggi. Perbandingannya 50% protein dan 50% lemak. Sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi sebagian orang, terutama penderita kolesterol.

Daging Putih

Berbeda dengan daging merah yang memiliki zat mioblobin lebih banyak, pada daging putih zat tersebut tidak terlalu sehingga membuat warna daging tampak putih. Daging putih biasa didapat dari daging hewan unggas seperti ayam, bebek, burung dan unggas lainnya serta daging ikan juga termasuk kedalam jenis daging putih.

Kandungan pada daging putih tidak jauh berbeda dengan kandungan dalam daging merah. Yakni protein, serat, kalori, sodium, magnesium, zat besi, mineral serta sejumlah vitamin yaitu vitamin C, D, E dan jenis vitamin B seperti B6 dan B12.

Manfaat daging putih juga tidak kalah dengan daging merah. Berikut ini manfaat kandungan daging putih bagi kesehatan.

  • Sumber karbohidrat
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah penyakit Anemia
  • Meningkatkan sistem metabolisme
  • Baik bagi pertumbuhan anak
  • Mencegah kanker

Berbeda hal dengan daging merah, protein pada daging putih lebih sedikit namun kandungan lemak dalam daging putih juga rendah. Oleh karena itu, daging putih menjadi pilihan karena baik dalam menjaga keseimbangan kolesterol. Perbedaan daging merah dan daging putih yang ada tidak akan mengurangi khasiat yang diberikannya.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Beberapa Perbedaan Daging Merah VS Daging Putih dan Manfaatnya"