Bila ASI tidak keluar di awal kelahiran Ibu

Menjadi ibu yang hamil dan melahirkan, adalah moment yang sangat di tunggu-tunggu oleh Pasutri, terutama oleh bunda yang memang sangat merindukan buah hati yang telah di kandung selama kurang lebih 9 bulan. Hari bertemu hari, minggu bertemu minggu, bagi Pasutri adalah hal yang sangat mendebarkan, dengan di barengi pemeriksaan berkala ke dokter kandungan. Semua itu untuk satu tujuan yaitu agar buah hati yang di lahirkan kelak akan sehat dan cerdas.

Bila ASI tidak keluar di awal kelahiran IbuKewajiban sebagai seorang ibu tidak jauh dari memberikan hak penuh si kecil yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat melalui ASI. Menyusui lebih memiliki banyak tantangan daripada memberikan susu formula pada si kecil. Namun, kecuali si Ibu menderita suatu penyakit yang mengharuskan ibu tidak menyusui, sebaiknya sebagai seorang ibu memberikan ASI eksklusif yang banyak bermanfaat terhadap tumbuh kembang si kecil.

Akan tapi, menyusui untuk pertama kali ketika baru melahirkan bukanlah hal yang mudah. Umumnya si Ibu akan merasakan sakit ketika pertama kali si kecil meyusu. Tidak hanya itu, beberapa ibu bahkan mengalami masalah dalam produksi ASI, keluarnya sedikit dan tidak lancar. Dalam hal ini, si Ibu perlu bersabar dan terus berusaha agar si kecil dapat menyusu.

Berikut beberapa hal perlu yang perlu di coba/lakukan si Ibu untuk kelancaran ASI :

1. Makan teratur dengan Gizi seimbang

Agar produksi ASI bisa keluar dan lancer, si Ibu harus makan teratur dengan gizi seimbang ibu menyusui, misalnya sayuran, buah, ikan dan susu bila perlu dan usahakan jangan minum kopi.

2. Banyak Minum Air Putih

harus memperbanyak minum air putih karena itu akan sangat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya produksi ASI.

3. Rileks dan Jangan terlalu Stress karena ASI belum ber-Produksi

Umumnya bagi ibu-ibu muda, ketika mengetahui produksi ASI tidak berjalan dengan Normal, akan mengalami Kecemasan, Tegang maupun Stress. Tegang dan stres akan menghambat produksi ASI. Terakhir, jangan pernah putus asa dalam menyusui dan menyerah pada susu formula. Ketika sudah merasa putus asa, coba pikirkan hak si kecil dan pentingnya ASI bagi pertumbuhan si kecil. Dalam hal ini peran suami juga sangat penting. Suami harus selalu mendukung istri dalam menyusui.

4. Makan makanan pendukung untuk kelancaran ASI

– Pare

Pare sangat terkenal dengan rasanya yang pahit. Tentu tidak masalah bukan makan sedikit pahit demi kebutuhan si kecil? Pare sangat istimewa karena dibalik rasa pahitnya tersimpan kandungan yang besar demi melancarkan ASI. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia serta anti oksidan.

– Daun Katuk

Daun katuk yang juga dikenal dengan nama katu, simani, karekur, atau cekop manis sudah populer untuk melancarkan ASI sejak zaman nenek moyang. Sebaiknya, konsumsi daun katuk yang telah dimasak. Perebusan daun katuk dapat menghilangkan sifat racun (anti protozoa) yang terkandung di dalamnya.

– Kacang Almond

Kacang-kacangan, termasuk Kacang Almond mengandung banyak protein dan merupakan sumber lemak sehat dalam diet Anda. Protein penting memperbaiki sel-sel vital dalam tubuh. Banyak kacang-kacangan yang juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Tingkat cukup kalsium diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi. Kacang juga baik untuk camilan termasuk kenari, kacang pinus, kemiri, hazelnut, kacang Brasil dan pistachio, dah hal ini sangat baik untuk menstimulasi produksi serta melancarkan ASI .

<============================================>
No Response

Leave a reply "Bila ASI tidak keluar di awal kelahiran Ibu"