Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu (influenza)

Cuaca yang tidak menentu atau perubahan suhu yang terlalu ekstrem kadang membuat tubuh kita rentan terhadap virus atau penyakit. Salah satunya penyakit flu (influenza). Hampir semua orang pasti pernah merasakan serangan virus influenza ini. Flu lebih sering disebabkan oleh menurunnya kekebalan tubuh atau juga dapat ditularkan oleh orang lain di sekitar kita yang sedang terkena flu. Virus yang menyerang saluran pernapasan ini sering kali menghambat aktivitas sehari-hari kita. Gejalanya adalah demam, frekuensi bersin yang berlebihan dan pusing. Jika anda mengalami gejala tersebut, ada beberapa tips ketika terkena penyakit flu tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Tips berikut dapat mengurangi gejala flu yang menyerang anda.

Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu (influenza)

Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu (influenza)

Tips ketika terkena penyakit flu yang pertama adalah dengan terapi uap tradisional. Caranya cukup mudah siapkan wadah berisi air panas, masukkan 15-20 tetes minyak kayu putih, ekstrak kunyit atau jahe. Jika untuk balita atau anak-anak, anda cukup menggunakan minyak kayu putih saja. Hiruplah uap hangat dari air panas yang telah beraroma selama beberapa waktu. Terapi uap ini dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung dan tenggorokan. Matikan juga AC dan kipas angin yang membuat suhu ruangan menjadi dingin, kering dan lembab. Suhu tubuh yang panas bisa menurun jika temperatur ruangan hangat.

Selanjutnya merupakan cara tempo dulu yang sering dilakukan nenek moyang kita untuk mengobati penyakit flu (influenza), yaitu dengan membuat sup menggunakan kaldu ayam atau daging yang ditambah dengan wortel, kentang, bawang putih, daun seledri, daun pegagan atau sambung nyawa, jahe dan sereh. Ini merupakan salah satu cara tradisional sebagai tips ketika terkena penyakit flu. Nikmati sup selagi masih hangat supaya. Khasiatnya benar-benar akan terasa karena bisa membuat badan berkeringat dan mengembalikan daya tahan tubuh. Selain itu, khasiat lainnya adalah untuk mengurangi keluarnya ingung dari hidung.

Tips ketika terkena penyakit flu yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Mengapa demikian? Saat flu, anda tentu saja akan banyak mengeluarkan lendiri dari hidung atau bahkan air mata. Ini tentu saja bisa menyebabkan dehidrasi. Salah satu gejala dehidrasi adalah tubuh terasa lemas, kulit sert mulur terasa kering. Maka dari itu, anda harus memperbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap bugar walaupun sedang terkena flu. Selain itu, jangan pernah minum es atau minuman dingin lainnya karena ini akan memicu produksi lendir yang lebih banyak. Akan lebih baik jika anda minum teh hangat atau wedang jahe. Ini akan mengurangi sumbatan pada hidung dan anda pun bisa bernapas lebih lega.

Selanjutnya, cara yang paling sederhana adalah dengan memperbanyak istirahat saat flu anda sedang parah. Para dokter menganjurkan bahwa sebenarnya tidak ada obat-obatan kimia yang bisa menyembuhkan flu. Obat-obatan tersebut hanya bisa mengurangi gejala dan menghambat penyebaran virus lebih lanjut. Jadi, dengan beristirahat, anda membiarkan tubuh untuk rileksasi dan ini sangat membantu proses penyembuhan. Cara berikutnya adalah dengan mengonsumsi cabai. Cabai mengandung sebuah zat yang sering disebut capsaicin yang cukup efektif untuk membersihkan rongga hidung. Jadi ketika Anda sedang flu, cobalah mencampurkan cabai atau lada pada masakan anda. Penyakit flu ( influenza) memang merepotkan, cara mengatasi flu di atas bisa anda terapkan jika anda terserang flu, tapi akan lebih baik untuk mencegah daripada mengobati, bukan? Maka dari itu, rajin-rajinlah menjaga daya tahan tubuh anda dengan menjalankan pola makan teratur, olahraga dan juga menjaga kebersihan tubuh.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu (influenza)"