Cara aman mengatasi biang keringat pada Bayi

Gangguan umum yang sering terjadi pada kulit bayi yang umum dan paling sering terjadi adalah biang keringat. Biang keringat merupakan keadaan tertutupnya pori-pori keringat sehingga menimbulkan retensi (penumpukan) keringat di dalam kulit. Biang keringat ini bentuknya seperti bintil kecil-kecil berisi air, berwarna merah dan tersebar banyak di area kulit yang biasanya lembab banyak berkeringat serta tertutup seperti dahi, leher, punggung, lipatan paha, ketiak. Biang keringat ini terasa panas dan gatal, maka dari itu bayi akan rewel jika muncul biang keringat ini.cara aman mengatasi biang keringat pada bayi

Anak-anak lebih banyak mengalami Biang keringat dibanding dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan pada anak-anak yang termasuk dalam kategory balita untuk struktur saluran keringatnya belum terlalu kuat.

Kategori biang keringat ada beberapa jenis dan tidak semua Biang keringat menimbulkan gatal :

1. Milliaria kristalina

yaitu biang keringat yang ditandai bintik-bintik kecil, jernih seperti kristal dengan diameter 1-2mm, menyerupai titik-titik air pada kulit dan tidak kemerahan, merupakan jenis milliaria yang tidak menimbulkan gatal. Milliaria ini sering ditemukan di daerah ketiak, leher, badan dan mudah pecah karena gesekan ringan.

2. Milliaria rubra

Biang Keringat ini menimbulkan rasa gatal dan kemerahan, ditandai dengan tonjolan di kulit dengan dasar kemerahan. Milliaria ini ditemukan di permukaan kulit yang istirahat terutama pada punggung dan leher, dan tidak mengenai muka. Rasa gatal dan kadang rasa panas seperti terbakar biasanya timbul bersamaan dengan rangsang yang menimbulkan keringat. Milliaria ini bisa menyebabkan demam tinggi bila mengenai daerah yang luas dan berat.

Penanganan Biang Keringat pada Bayi dan Anak-Anak

1. Menempatkan penderita di dalam lingkungan yang dingin, sehingga keringat bisa berkurang. Sumbatan keratin yang menutupi lubang                 keringat akan berangsur lepas beberapa hari sampai 2 minggu.

2. Bagi yang menggunakan pedingin Ruangan/AC, bisa memanfaatkan kondisi ruangan yang sejuk, sehingga bisa memberi pencegahan pada        awal gejala Biang Keringat mulai menyerang.

3. Hindari Obat-obatan yang di jual bebas tanpa resep dokter, umunya obat-obatan yang dioles seperti salep tidak begitu efektif dan kadang-           kadang bisa memicu penyebaran biang keringat itu sendiri.

4. Bisa menggunakan bedak salicyl atau bedak tabur untuk di oleskan di kulit bayi yang terdapat biang keringat, atau salep yang mengandung          zinc oxide. Salep yang biasanya direkomendasikan dokter adalah Hidrocortizon atau Elox.

5. Pemberian vitamin C dapat diberikan untuk mencegah atau mengurangi timbulnya Biang Keringat.

6. Per-banyak minum air putih untuk membantu menetralkan suhu tubuh

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara aman mengatasi biang keringat pada Bayi"