Cara Memilih Obat Demam Alami dan Kimia

No comment 4166 views

Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh seseorang mengalami kenaikan. Sehingga demam sering disebut dengan sakit panas. Hal ini karena umumnya penderita demam, tubuh akan terasa lebih panas dari biasanya. Untuk menurunkan panas karena demam dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara memilih obat demam alami dan kimia juga tidak sulit, yang penting konsultasikan terlebih dulu.

Demam dianggap menjadi suatu indikasi infeksi virus tertentu, seperti flue, batuk, demam berdarah atau beberapa penyakit lainnya. Demam diketahui sebagai cara alami bagi tubuh dalam melawan virus dan bakteri dengan cara meningkatkan suhu tubuhnya. Sejatinya tubuh memiliki daya tahan tersendiri dalam melawan virus atau bakteri yang masuk. Namun jika demam berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk waspada dan segera memeriksakan ke dokter.

Memilih obat demam almiMemilih Obat Demam Alami dan Kimia

Sebagian orang umumnya mengatasi demam dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diperoleh di apotek. Namun tidak sedikit juga yang ingin meredakan demam dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa jenis obat yang bisa menjadi pilihan untuk mengobati sakit demam atau panas.

Obat Demam Kimia

  • Parasetamol

Obat demam yang umum diberikan pada penderita demam yaitu parasetamol atau ibuprofen. Jenis obat kimia ini bisa dengan mudah didapat di apotek. Namun penggunaan obat kimia ini tentunya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakainya. Dosis parasetamol yang terlalu banyak serta jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal.

  • Aspirin

Selain parasetamol, jenis obat demam satu ini juga bisa dengan mudah didapatkan di apotek tanpa resep dari dokter. Namun perlu diketahui bahwa aspirin hanya untuk mengobati demam pada orang dewasa, sehingga anak-anak tidak boleh menggunakannya saat demam.

  • Antiobotik

Umumnya jika pemeriksaan dokter mendiagnosis adanya infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan suhu panas tinggi atau demam biasanya obat yang dianjurkan tidak hanya berupa parasetamol atau aspirin, melainkan obat antibiotic untuk menjaga ketahanan tubuh dalam melawan infeksi virus atau bakteri tersebut.

Obat Demam Alami

  • Bawang Merah

Obat demam alami yang satu ini sangat mudah didapat karena biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah dikenal sebagai ramuan yang ampuh mengobati atau menurunkan demam. Kandungan minyak atsiri, kamferol, floroglusin, kuersetin, sikloaliin serta matilaliin merupakan senyawa pada bawang merah yang mampu menurunkan demam. Cukup parut bawang merah kemudian tambahkan baby oil atau minyak kelapa dan balurkan ramuan ini ke seluruh tubuh.

  • Kunyit

Bumbu dapur lain yang bisa digunakan untuk obat demam alami yaitu kunyit. Kunyit juga mengandung minyak atsiri serta zat lain seperti turmeron, curcumin serta zingiberen berperan sebagai antioksidan, antibakteri serta anti inflamasi. Membuat kunyit sebagai obat demam dengan cara memarut kunyit kemudian tambahkan setengah gelas air panas. Aduk dan setelah dingin peras kemudian ambil sarinya lalu minum 3 kali sehari.

  • Air Kelapa

Obat demam satu ini tentu sangat disukai banyak orang, karena rasanya enak dan manis. Air kelapa merupakan obat demam alami yang bisa meredakan suhu tubuh yang tinggi. Selain itu, kandungan air kelapa yang kaya akan mineral sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh serta menghindari tubuh dehidrasi akibat cairan banyak keluar saat demam. Memilih obat demam alami dan kimia hendaknya juga harus mempertimbangkan kondisi penderita.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Memilih Obat Demam Alami dan Kimia"