Cara Mencegah Mabuk dalam Perjalanan

No comment 1264 views

Mabuk perjalanan rasanya sangat menggangu dan membuat tidak nyaman terutama jika harus berpergian jauh. Tidak sedikit orang yang mengalami mabuk perjalanan, baik anak kecil maupun orang dewasa. Mabuk bisa terjadi pada setiap perjalanan baik itu melalui darat, laut maupun udara. Untuk itu diperlukan sebuah cara untuk mencegah mabuk dalam perjalanan yang tepat.

Gejala yang biasa dialami ketika terserang mabuk perjalanan seperti pusing, mual, muntah, keringat dingin, serta badan terasa lemas. Jelas, hal ini terjadi rencana suatu perjalanan menjadi tidak lagi menyenangkan. Mabuk perjalanan juga sering dianggap sebagai masuk angin karena gejala yang ditimbulkan  hampir sama.

Cara Mencegah Mabuk dalam PerjalananPenyebab mabuk kendaraan biasanya karena tubuh menerima getaran yang berlangsung lama dan terus menerus, serta kurangnya sirkulasi udara dan oksigen, ditambah ketika kendaraan tidak nyaman dan jalanan yang tidak rata atau berbelok akan cepat memicu terjadinya mabuk.

Secara medis mabuk perjalanan disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen tersebut yaitu syaraf otak, bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (Proprioceptors) tidak bekerja secara sinkron.

Cara Mencegah Mabuk dalam Perjalanan

Saat ini telah banyak dijual obat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Namun tanpa harus mengkonsumsi obat pun penderita bisa mencegah mabuk dalam perjalanan dengan mengikuti cara-cara sebagai berikut.

  • Kondisi Tubuh Fit

Saat hendak pergi menggunakan kendaraan dalam jarak yang cukup jauh, pastikan agar kondisi tubuh dalam keadaan fit atau sehat. Karena jika kondisi tubuh tidak fit maka akan sangat rentan untuk mengalami mabuk sekalipun bukan penderita mabuk perjalanan.

  • Makan Terlebih Dahulu

Hal ini cukup penting mengingat saat perut kosong maka akan memicu gejala-gejala mabuk seperti pusing dan mual. Oleh karena itu sebelum hendak berangkat melakukan perjalanan sebaiknya makan terlebih dahulu dan jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong.

  • Pandangan Lurus Kedepan

Saat dalam kendaraan, usahakan agar pandangan lurus kedepan serta fokuskan pandangan pada sebuah titik stabil yang jauh dari kendaraan. Melihat pemandangan yang dilalui akan mengurangi perasaan pusing.

Salah satu yang dapat memicu mabuk juga disebabkan karena bau-bau yang cukup menyengat. Asap rokok, bau keringat, minyak wangi, bahkan pewangi kendaraan juga bisa memicu terjadinya mabuk perjalanan. Untuk itu, sebaiknya hindari duduk berdekatan dengan orang merokok dan memakai minyak wangi yang terlalu menyengat, serta pilih tempat yang tidak terlalu mencium pewangi kendaraan.

  • Menjaga Sirkulasi Udara

Dalam sebuah perjalanan menggunakan kendaraan khususnya mobil, usahakan untuk tetap menjaga sirkulasi udara dengan membuka jendela secukupnya. Dibanding menggunakan pendingin mobil yang membuat kendaraan harus tertutup rapat sehingga tidak adanya sirkulasi udara. Dengan membuka jendela, angin yang masuk ke dalam kendaraan akan membuat udara lebih segar sehingga dapat mencegah mabuk perjalanan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Mencegah Mabuk dalam Perjalanan"