Cara mencegah sedini mungkin penyebab Kanker Payudara yang bisa di lakukan

Carcinoma Mammae atau secara umum disebut sebagai Kanker Payudara merupakan salah satu jenis kanker ganas yang dapat menyerang wanita. Kanker ini dapat tumbuh dalam jaringan payudara seperti saluran dan kalenjar susu serta jaringan lemak ataupun jaringan ikat pada payudara.Cara mencegah sedini mungkin penyebab Kanker Payudara yang bisa di lakukan

Adapun gejala yang ditimbulkan oleh kanker payudara adalah :

1. Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Penderita kanker payudara stadium awal akan mengalami benjolan kecil, dimana bentuk dan ukuran benjolan ini berbeda dengan jaringan payudara. Benjolan tersebut dapat didorong menggunakan tangan. Meski begitu, penderita tidak akan mengalami nyeri ataupun sakit pada tahap awal kanker payudara.

2. Gejala Kanker Payudara Stadium Lanjut

Pada kanker payudara stadium lanjut, umumnya benjolan yang dialami pada stdium awal akan menempel pada bagian kulit atau dada. Selain itu, benjolan akan mengalami pembengkakan. Bahkan dari beberapa kasus, benjolan tersebut bisa menjadi borok di kulit payudara.
Adapun beberapa faktor atau penyebab terjadinya kanker payudara.

Secara umum penyebab Kanker payudara dapat di Golongkan dalam 2 Kategori, Yakni :

1. Category Pasif

Yang Masuk dalam Categori Pasif adalah di mana resiko penderita akan terkena Penyakit ini lebih besar, karena beberapa Faktor :

Faktor Usia
Usia diatas 60 tahun membuat wanita lebih rentan terkena kanker payudara.

Riwayat Keluarga
Kanker payudara juga dapat terjadi apabila terdapat riwayat keluarga yang pernah menderita kanker payudara, misalkan nenek, ibu atau tante ( bibi ).

Menarke (Periode Menstruasi Pertama).
Semakin muda seorang wanita mengalami menarke, maka akan semakin besar pula resiko terkena kanker payudara.

2. Category Aktif

Yang masuk dalam Category Aktif adalah dimana resiko penderita lebih besar karena pola hidup yang kurang baik/sehat :

Pemakaian Pil KB.
Pemakaian pil KB juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Meskipun begitu, tetaplah tergantung dari lamanya pemakaian, usia serta faktor lain.

Alkohol.
Wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari 2 gelas sehari memiliki resiko yang lebih besar dalam terserang penyakit kanker payudara.

Rokok.
Segala jenis penyakit berbahaya dan kanker dapat terjadi karena anda adalah perokok, hindari lah rokok. Penelitian yang menghubungkan antara rokok dan kanker payudara memang masih sangat minim, belum ada penelitian konkrit mengenai hal ini. Namun beberapa penelitian telah menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok sangat berkaitan dengan berbagai jenis kanker, sedangkan beberapa juga menemukan bahwa ASI pada perokok juga dapat terkontaminasi.

Beberapa Faktor yang bisa mengurangi Resiko Wanita menderita kanker Payudara :

1. Olahraga Teratur

Aktivitas olahraga akan mengeluarkan toxin atau racun dalam tubuh dalam jumlah yang cukup signifikan.Dengan olahraga teratur kita dapat membantu tubuh menghindari kanker payudara dan membuat metabolisme tubuh.

2. Menyusui

Menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat bagi si bayi, namun beberapa studi telah mengemukakan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko lebih kecil terkena kanker dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui.

3. Mengurangi Konsumsi Pil KB

Beberapa pil KB memiliki kandungan estrogen yang menjadi pemicu terjadinya kanker payudara. Studi telah menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi pil KB memiliki risiko lebih tinggi di bandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi.

4. Mengurangi Hormon Estrogen

Estrogen merupakan salah satu kunci terjadinya kanker payudara, mengurangi produksi hormon estrogen diyakini dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara

5. Menjaga Kesimbangan Berat Badan

Beberapa jenis kanker juga dapat di hindari dengan mengatur berat badan ini, salah satunya adalah kanker payudara. Wanita yang memiliki berat lebih dari 80 Kg memiliki risiko 25% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal di bawah /sekitar 60 kg

6. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Adanya senyawa phytochemical, diyakini mampu menjadi penawar yang berfungsi melindungi dari kanker payudara yang dapat dihancurkan karena panas yang ditimbulkan

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara mencegah sedini mungkin penyebab Kanker Payudara yang bisa di lakukan"