Cara Mengatasi Sinus yang Sering Kambuh

No comment 2315 views

Sinus atau disebut juga sinusitis merupakan salah satu penyakit yang digolongkan pada bagian THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Sinusitis merupakan sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada daerah rongga sinus di bagian hidung. Untuk itu, diperlukan sebuah cara mengatasi sinus yang sering kambuh agar benar-benar sembuh.

Umumnya sebagian besar orang yang mengalami penyakit ini memiliki riwayat alergi, seperti alergi terhadapa debu atau dingin. Gejala yang timbul biasanya hampir sama seperti flu yaitu hidung tersumbat serta mengeluarkan lendir. Bahkan bisa hingga demam tinggi disertai kurang sensitif terhadap rasa dan bau.

Mengatasi Sinus yang Sering KambuhPenyakit sinus ini dianggap tidak dapat disembuhkan secara total, sekalipun dengan tindakan operasi. Penyakit ini akan terus kambuh terutama saat terkena pemicunya, namun biasanya gejala yang dialami memang tidak berlangsung lama. Sebagian besar orang merasa tidak tahan dengan penyakit sinus yang dialaminya karena sangat mengganggu pada aktifitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Sinus yang Sering Kambuh

Meskipun sinusitis tidak dapat disembuhkan secara total dan akan terus kambuh, namun penderita masih bisa mengatasi agar sinus tidak sering kambuh yaitu dengan cara menghindari setiap pemicu alergi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan bagi penderita sinusitis agar tidak tidak sering kambuh.

  • Mengkonsumsi Air Hangat

Untuk mengatasi sinusitis yang sering kambuh bisa dengan langkah yang sederhana dan cepat yaitu dengan mengkonsumsi minuman ataupun makanan hangat. Hal ini dapat membantu untuk menghangatkan tubuh sehingga dapat membantu mengeluarkan lendir.

  • Mengobati Alergi dan Pilek

Alergi dan pilek yang menyebabkan peradangan pada hidung dapat memberikan reaksi yang kuat pada semua jenis iritasi sehingga hal tersebut dapat memperparah sinusitis yang diderita. Untuk itu, sebaiknya penderita segera untuk melakukan pengobatan pada alergi ataupun pilek yang dideritanya agar dapat mencegah sinusitis kambuh kembali.

  • Berhenti Merokok

Bagi para perokok yang memiliki riwayat penyakit sinusitis ada baiknya untuk berhenti dari kebiasaannya merokok jika tidak ingin sinusitisnya terus kambuh. Tembakau dan asap rokok diketahui dapat menyebabkan iritasi pada lapisan sinus sehingga jika dilakukan dengan terus menerus maka dapat memperburuk aliran lendir dan membuat sinusitis akan kambuh.

  • Menjaga Kebersihan

Salah satu pemicu yang dapat menyebabkan sinusitis kambuh yaitu debu. Oleh karena penting bagi penderita untuk tetap menjaga kebersihan dari debu-debu yang dapat memicu sinusitis kambuh. Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun juga salah satu cara untuk menhindari terkena virus atau infeksi bakteri.

  • Menghindari Suhu Ekstrim

Selain debu, penyebab lainnya yang mengakibatkan sinusitis kambuh yakni suhu yang ekstrim misalnya saja suhu yang terlalu dingin. Suhu yang dingin diketahui dapat memicu gejala sinusitis terjadi. Jika itu terjadi, sebaiknya penderita untuk menjaga tetap hangat dengan memakai jaket dan minum atau makan yang hangat.

  • Mengurangi Stres

Penyebab sinus kambuh tidak hanya dipicu oleh faktor luar. Memiliki banyak masalah dan pikiran yang membuat stress juga dapat memicu kambuhnya sinusitis bahkan dapat membuat gejala sinusitis semakin buruk. Oleh karena itu, cara mengatasi sinus yang sering kambuh sebaiknya penderita berusaha untuk menghindari stress untuk mengatasi agar sinusitis kambuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Sinus yang Sering Kambuh"