Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Wajah

Bekas luka yang menghitam apalagi jika terjadi pada wajah pasti akan mengurangi rasa percaya diri. Pada umumnya, bekas luka yang terjadi di wajah disebabkan oleh jerawat. Cara menghilangkan jerawat yang tidak tepat, seperti dipencet, akan membuat bekas luka menghitam dan cukup terlihat. Bekas luka kadang berbentuk menonjol, ada juga juga yang berbentuk seperti lubang.

Bekas luka yang menonjol dari permukaan kulit disebut dengan keloid, sedangkan bekas luka yang berbentuk seperti lubang disebut dengan hypertrophic. Walaupun sama-sama bekas luka, tapi bekas luka ini sudah berbeda jenis, sehingga perawatan yang diberikan pun tidak akan sama. Maka dari itu, mulai dari sekarang perlakukan luka dengan semestinya agar bekas luka tidak menghitam di wajah.

Bahan alami untuk menghilangkan bekas luka

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi bahkan menghilangkan bekas luka sama sekali. Bahan-bahan ini pun bisa didapatkan dengan mudah karena cukup tersedia di sekitar kita. Penggunaannya pun tidak terlalu sulit, hanya butuh kesabaran dan keteraturan.

  • Madu

Madu mempunyai fungsi merangsang pertumbuhan dan meregenerasi sel yang rusak. Cukup oleskan secara teratur, secara perlahan jaringan pada bekas luka akan kembali normal.

  • Lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit sekaligus dapat meregenerasi sel kulit dibawahnya. Gunakan dengan cara dioles secara terus menerus untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

  • Mentimun

Mentimun mempunyai kandungan potasium dan vitamin c. Mentimun berkhasiat menangkal radikal bebas dan menyegarkan kulit, juga mencegah kulit keriput.

  • Lemon

Salah satu manfaat utama dari lemon adalah mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam mentimun bisa berfungsi untuk menyegarkan kulit.

  • Tomat

Tomat mempunyai manfaat untuk mencerahkan wajah. Penggunaannya cukup mudah, cukup blender tomat kemudian oleskan pada bagian bekas luka.

  • Bengkoang

Selain berfungsi mengurangi bekas luka, bengkoang juga dapat mengatasi flex hitam di wajah. Buatlah masker bengkoang dan gunakan secara teratur.

  • Semangka

Buah yang satu ini mempunyai fungsi utama menyegarkan kulit. Penggunaannya juga cukup mudah, lembutkan semangka dan terapkan pada wajah.

  • Susu

Manfaat dari susu dapat mencerahkan kulit. Oleskan pada bekas luka menggunakan cotton bud, diamkan beberapa saat, setelah itu cuci.

  • Kentang

Penggunaan kentang untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam sangat mudah. Cukup iris kentang kemudian tempelkan pada wajah.

Prosedur medis untuk menghilangkan bekas luka

Beberapa tindakan medis sangat diperlukan apabila bekas luka ini sudah sampai menganggu psikologis penderita. Namun prosedur medis tidak bisa dilakukan secara sembarangan, mengingat resikonya. Berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran yang tepat terkait penggunaan prosedur medis.

  • Suntik kolagen

Suntikan kolagen biasanya diberikan pada jenis luka hypertrophic. Suntikan kolagen yang diberikan akan menutup lubang bekas luka. Prosedur ini menggunakan anestesi lokal dan sangat mahal.

  • Laser removal

Laser removal adalah jenis prosedur medis yang digunakan untuk bekas luka yang menonjol, keloid. Pada prosesnya, laser akan memotong bagian luka yang menonjol menggunakan laser. Pasien akan diberikan anestesi untuk menghindari rasa sakit.

  • Skin peeling

Prosedur ini biasa digunakan untuk bekas luka keloid. Penggunaan skin peeling sangat menyakitkan, karena bekas luka seolah-olah diparut menggunakan mesin. Dokter biasanya akan memberikan anestesi lokal untuk mengurasi rasa sakit.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Wajah"