Cara Mengobati Bisul Dengan Cepat Secara Alami

Bisul atau yang lebih ilmiah disebut dengan ases kulit/furunkel merupakan gumpalan yang berisi nanah yang menimbulkan rasa sakit, bisul terbentuk pada permukaan kulit. Ukuran bisul bisa kecil seperti kacang atau besar seperti bola golf dan bisa muncul di bagian tubuh mana pun.

Pada umumnya bisul disebabkan oleh infeksi dari folikel atau kantong rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kesakitan, namun jangan khawatir karena bisul tidak termasuk ke dalam masalah yang terlalu serius, masih bisa diatasi secara manual dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Simak dan cobalah beberapa cara mengobati bisul dengan memakai bahan alami di bawah ini.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Kompres daerah sekitar bisul dengan air hangat

cara-mengobati-bisul-dengan-cepat-secara-alamiCara mengobati bisul secara alami dengan mengompres daerah di sekitar bisul memakai air hangat. Disaat Anda menyadari jika ada bisul yang tumbuh di tubuh Anda, segera ambil tindakan dengan mulai mengobatinya dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Semakin cepat proses pengobatan maka semakin minim komplikasi yang timbul.

Rendam sebuah wash lap bersih di dalam air pans untuk kemudian diperas hingga uap panasnya keluar, tekan wash lap tersebut dengan perlahan-lahan pada lokasi di sekitar bisul kurang lebih selama 5-10 menit dan usahakan untuk mengulanginya 3-4 kali setiap harinya. Selain mengompresnya, Anda pun bisa berendam di dalam air hangat, rendam bagian tubuh yang ditumbuhi bisul selama beberapa menit.

Cara Mengobati Bisul Yang Sudah Pecah

Cuci dengan sabun antibakteri

Cara mengobati bisul yang sudah pecah dengan menggunakan sabun antibakteri. Disaat bisul sudah menunjukkan jika ada isinya yang keluar atau sudah pecah, maka tugas Anda adalah menjaga agar area tersebut selalu bersih, cucilah bisul yang sudah pecah tersebut secara menyeluruh dengan menggunakan sabun antibakteri dan juga air hangat hingga semua nanahnya mengalir keluar dan tidak ada yang tersisa lagi, setelah nanah selesai dibersihkan, keringkan bisul dengan menggunakan handuk bersih/tisu yang harus segera Anda cuci atau buang cukup sekali pakai saja untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi.

Cara Mengobati Bisul Dengan Cepat

Oles dengan menggunakan krim antibakteri lalu dibalut

Cara mengobati bisul dengan cepat dengan mengoleskan bisul menggunakan krim antibakteri lalu dibalut rapi. Saat melakukan langkah ini, Anda harus selalu memastikan jika kassa pembalut berada dalam keadaan bersih dan kering, artinya tidak ada cairan bisul yang keluar dan membasahi kassa pembalut, jika basah harus segera diganti.

Krim serta salep antibakteri dibuat khusus untuk membantu mengobati bisul, sudah tersedia dengan sangat banyak di berbagai apotek atau toko obat di sekitar Anda. Aplikasikan salep atau krim antibakteri ini secara teratur sampai bisul Anda sembuh.

Berobat ke dokter jika terjadi infeksi

Dalam beberapa kasus, bisul tidak bisa diatasi dengan pengobatan rumahan, maka Anda membutuhkan pengobatan medis untuk segera mengatasi bisul. Dokter akan menusuk atau memotong bisul untuk membantu mengeluarkan cairannya, biasanya ini terjadi apabila bisul tumbuh di daerah yang sulit, seperti di saluran telinga atau di hidung. Jika sudah terjadi infeksi maka dokter akan memberikan suntikan antibiotic atau resep obat yang perlu untuk Anda minum.

Perawatan dan pengobatan untuk bisul harus dilakukan dengan segera supaya bisul cepat kempis dan sembuh, karena bila sudah menyebar infeksinya akan jauh lebih sulit untuk diobati sendiri di rumah dengan cara mengobati bisul secara alami, sehingga mau tidak mau Anda harus pergi berobat ke rumah sakit untuk mengobati bisul.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Bisul Dengan Cepat Secara Alami"