Cara Mengobati Cantengan Jempol Kaki

No comment 46456 views

Cantengan pada jempol kaki dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat menusuk. Cantengan pada jempol kaki dapat terjadi karena beberapa sebab, seperti pertumbuhan kuku yang menyamping atau kuku sudah rusak. Pertumbuhan kuku yang tidak teratur biasanya dikarenakan perawatan yang salah, seperti memotong kuku terlalu pendek.

Cara Mengobati Cantengan Jempol Kaki

Cara Mengobati Cantengan Jempol Kaki

Cantengan pada jempol kaki biasanya terjadi berbarengan dengan nanah dan bau busuk. Apabila cantengan tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Dalam istilah kedokteran, cantengan biasa disebut dengan paranochya. Cantengan biasanya ditandai kulit menjadi merah dan bengkak.

Cantengan bisa sangat menjengkelkan, apalagi jika terjadi pada jempol kaki. Kondisi cantengan menimbulkan kesulitan bagi penderitanya karena dapat membatasi aktifitas sehari-hari. Mengobati cantengan pada jempol kaki juga tidak bisa dilakukan sembarangan, salah perawatan justru akan mengakibatkan cantengan menjadi lebih buruk.

Penyebab cantengan jempol kaki

Cantengan pada jempol kaki bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Kebanyakan penyebab cantengan adalah perawatan yang salah pada kuku kaki. Kejadian ini kemudian memicu terjadinya cantengan.

  • Kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan buruk menggigit kuku akan menyebabkan kuku menjadi lunak. Kuku yang lunak akan memudahkan bakteri masuk.

  • Infeksi

Ini adalah penyebab utama cantengan pada jempol kaki. Infeksi yang muncul di kulit dapat menghasilkan nanah dan bau busuk.

  • Gigitan serangga

Gigitan serangga akan menularkan bakteri yang lama kelamaan akan menimbulkan infeksi.

  • Kurang perawatan

Tidak merawat kuku dan membiarkan kotoran terlalu lama hingga busuk dan mengeluarkan bau, akan memicu tumbuhnya bakteri dan bau tak sedap.

  • Memakai sepatu sempit

Sepatu yang terlalu sempit jika dikenakan akan membuat kuku kaki menjadi tertekan. Tekanan ini kemudian memicu infeksi keluar.

  • Memotong kuku terlalu pendek

Memotong kuku tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturannya, panjangnya tidak boleh sama dengan kulit dibawahnya, memotongnya harus lebih panjang sedikit.

Gejala cantengan

Ada banyak gejala yang terasa akibat cantengan pada jempol kaki. Gejala ini akan berlanjut ketika tanda-tanda nyeri pada jempol kaki tidak segera diobati. Pada tahap awal, gejala yang terjadi adalah warna kulit berubah menjadi merah. Saat kulit memerah, nyeri akan dirasakan oleh kaki. Tahapan selanjutnya adalah mengeluarkan cairan nanah yang disertai bau busuk.

Cara mengobati cantengan jempol kaki

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengobati cantengan pada jempol kaki. Perawatan biasanya membutuhkan waktu dan sifat ketelatenan. Untuk memimalisir efek penggunaan obat, perawatan secara alami lebih dianjurkan untuk digunakan.

  • Rendam kaki dengan air hangat

Campur air hangat dengan garam, lalu rendam kaki. Perawatan ini akan meredakan bengkak yang terjadi saat cantengan.

  • Jahe

Penggunaan jahe sebagai obat cantengan sangat mudah. Parut jahe dan campur minyak kelapa lalu panggang agak kering, kemudian tempelkan pada kuku kaki yang cantengan.

  • Bawang merah

Bakar bawang merah kemudian oleskan pada bagian yang cantengan. Peratan ini akan mengurangi bakteri menyebar.

  • Krim

Krim antibiotic bersifat topical, tidak untuk diminum. Penggunaanya mudah karena tinggal dioleskan, namun krim ini hanya cocok untuk cantengan jenis ringan.

  • Insisi

Insisi adalah proses penyayatan pada bagian kulit. Perawatan jenis hanya boleh dilakukan jika cantengan sudah parah dan oleh tenaga ahli.

  • Pengangkatan kuku

Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Pada prosesnya, dokter akan mengangkat kuku yang menancap pada kulit.

  • Membuang sebagian kuku

Prosedur ini akan mengangkat sebagian kuku yang terkena infeksi. Proses ini hanya diperuntukkan pada cantengan yang sudah parah.

  • Pencabutan kuku

Perlakuan medis ini hanya bisa dilakukan untuk cantengan yang sudah berada dalam tahap parah seperti mengeluarkan nanah, nyeri.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Cantengan Jempol Kaki"