Cara Mengobati Diare Pada Anak Bayi Secara Alami

Diare adalah gangguan dimana feses atau tinja berubah menjadi lebih cair atau lembek setidaknya tiga kali dalam 24 jam. Diare merupakan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian, sangat berbahaya jika anak atau bayi Anda mengalaminya.

Diare sebaiknya segera diatasi dengan langkah yang tepat sehingga tidak menyebabkan dehidrasi berat yang menjadi penyebab kematian. Banyak sekali hal yang menjadi penyebab dari diare, mulai dari konsumsi makanan yang kurang bersih atau makanan tertentu yang tidak sehat, salah minum obat, infeksi bakteri atau stres dan lain sebagainya. Supaya diare tidak menjadi lebih parah dan lekas sembuh atasilah diare dengan mengaplikasikan beberapa cara mengobati diare berikut ini.

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Berikan cairan

cara-mengobati-diare-anak-bayiDisaat seseorang mengalami diare segera atasi dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, untuk pengobatan di rumah, Anda bisa memberikan cairan sebagai langkah utama disaat diare.

Disaat diare tubuh membutuhkan banyak cairan karena cairan di dalam tubuh secara tidak langsung mau tidak mau dikeluarkan dari dalam tubuh lewat cairan feses sehingga apabila cairan tidak segera ditambahkan kekurangannya akan menyebabkan seseorang mengalami dehidarasi yang lama kelamaan bila dibiarkan saja mengakibatkan kematian.

Selain minum air putih, Anda juga bisa memberikan teh manis karena air putih tidak dapat menggantikan elektrolit tubuh yang telah hilang. Untuk bayi yang mengalami diare alangkah baiknya jika diberikan ASI secara regular sehingga daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Air campuran garam dan gula

Cara mengobati diare pada bayi dengan mencampurkan air, garam serta gula. Bayi yang mengalami diare akan kehilangan dan kekurangan garam di dalam tubuhnya, oleh karena itu, bayi membutuhkan air campuran gula dan juga garam untuk mengatasi kekurangan garam tersebut.

Jangan hanya memberikan air putih

Cara mengobati diare pada anak dengan tidak memberikan air mineral saja sebagai minuman. Anda bisa memberikannya teh hangat karena anak juga memerlukan banyak nutrisi dan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, komposisi air mineral tidak dapat memenuhi elektrolit tubuh yang menghilang.

Tetap makan

Cara mengobati diare secara alami dengan tidak melewatkan makanan. Saat tubuh sakit, seseorang cenderung untuk menolak makanan, karena lidahnya terasa pahit sehingga walaupun disuguhi oleh berbagai makanan yang lezat pun orang tidak akan berselera untuk memakannya.

Walaupun mengkonsumsi makanan pada saat sakit tidaklah enak, Anda harus tetap melakukannya karena disaat sakit tubuh membutuhkan asupan gizi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan dan dalam kasus penderita diare, mengkonsumsi makanan adalah hal yang penting, penting agar tekstur feses tidak lagi encer atau cair.

Segera berobat ke dokter

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengobati diare adalah dengan segera berobat ke dokter. Berobat ke dokter akan sangat diperlukan disaat diarenya sudah sangatlah parah dimana pengobatan alami di atas tidak lagi mempan. Anda harus segera melakukan pengobatan ke rumah sakit sehingg diare bisa segera diatasi dan kemungkinan untuk terserang dehidrasi tidaklah timbul.

Cara mengobati diare yang baik untuk orang dewasa, bayi dan juga untuk anak-anak telah Anda simak dengan baik di atas. Anda harus mencobanya karena cara alami di atas tidak memberikan efek samping yang buruk justru akan sangat membantu untuk mengatasi diare Anda sehingga Anda tidak sampai mengalami dehidrasi karena tidak mengobati diare dengan langkah yang tepat.

<============================================>
One Response
  1. author

    Bunda Husna1 year ago

    selamat pagi.. akhirnya dapat juga informasinya.. terima kasih sangat bermanfaat dan sedang saya butuhkan saat ini.

    Reply

Leave a reply "Cara Mengobati Diare Pada Anak Bayi Secara Alami"