Cara Mengobati Paru Paru Basah Secara Alami

No comment 31038 views

Effusi pleura atau yang lebih kita kenal sebagai paru-paru basah merupakan suatu keadaan disaat terjadinya penumpukan cairan di dalam rongga pleura, rongga pemisah diantara paru-paru dengan dinding dada.

Dalam takaran normalnya, cairan akan berfungsi secara alami sebagai pelumas disaat paru-paru sedang mengembang atau mengempis ketika seseorang bernapas. Penumpukan cairan di dalam rongga pleura ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor, entah itu gagal jantung, gagal ginjal atau bahkan kanker. Di Indonesia sendiri, effusi pleura kebanyakan disebabkan oleh penyakit tuberculosis.

Mereka yang menderita effusi pleura ini akan merasakan beberapa gejala, antara lain sesak napas dan juga sering batuk yang disertai dengan dahak serta rasa nyeri di dada, tidak ada kaitannya antara udara dingin maupun tidur dengan memasang kipas angin yang langsung diarahkan ke tubuh, sebagaimana yang biasa Anda dengar, karena udara dingin hanya akan memberikan pengaruh bagi kondisi kesehatan apabila tubuh Anda sedang berada dalam kondisi tidak prima. Lantas, bagaimana cara mengobati paru paru basah yang tepat, lebih lengkapnya simak penjalasan di bawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Paru Paru Basah Secara Alami

Banyak minum air putih

cara-mengobati-paru-paru-basahCara mengobati paru paru basah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan minum air putih secukupnya. Air merupakan pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan lendir dari dalam paru-paru. Dengan minum air putih setiap hari sebanyak 8 gelas, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat untuk menjalani berbagai aktivitas padat, baik di dalam maupun di luar rumah, tentunya imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Antibiotik

Cara mengobati penyakit paru-paru basah yang akan disarankan oleh dokter untuk dilakukan oleh pasien biasanya adalah mengkonsumsi obat antibiotic. Dokter Anda akan memilih antibiotic yang terbaik yang cocok untuk Anda, disesuaikan berdasarkan umur, gejala dan lainnya namun di samping itu Anda juga membutuhkan perawatan dari rumah sakit. Lamanya waktu seseorang penderita paru-paru basah mengkonsumsi antibiotic itu tergantung dari kondisi tubuhnya, seberapa seriuskah penyakit paru-paru basah yang diderita dan tipe antibiotic apa yang dikonsumsi.

Istirahat yang cukup

Obat paru paru basah tradisional yang akan sangat membantu sekali adalah dengan beristirahat secukupnya. Bagaimana tubuh bisa melawan penyakit dan mengembalikan daya tahan tubuh jikalau Anda tidak beristirahat dengan cukup.

Dengan banyak beristirahat tubuh yang kelelahan akan menjadi lebih segar dan dalam beberapa hari, Anda sudah bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, dengan perawatan dan anjuran dari dokter. Biasanya pasien yang menderita penyakit ini akan mendapatkan perawatan di rumah sakit selama 3 pekan sebelum akhirnya diizinkan untuk pulang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter

Banyak orang yang tidak menyadari jika ada gejala aneh yang sedang ditunjukkan dari tubuhnya, hal inilah yang membuat beberapa pasien yang menderita penyakit kronis akhirnya harus menjalani pengobatan dengan stadium lanjutan atau bisa dikatakan dalam skala penyakit yang jauh lebih parah.

Disaat Anda mengalami gejala sesak napas maupun seringkali batuk dengan mengeluarkan dahak, maka usahakanlah untuk segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter, jangan putus melakukan konsultasi apalagi jika dokter sudah memberikan diagnosanya dengan pemeriksaan medis yang mana menyatakan jika Anda positif menderita penyakit paru-paru basah. Dokter akan mulai melakukan perawatan dengan cara mengobati paru paru basah Anda dengan perawatan dan pengobatan medis yang dibutuhkan.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Paru Paru Basah Secara Alami"