Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

No comment 144370 views

Sariawan bisa menjadi gangguan yang sangat tidak menyenangkan, karena menyulitkan Anda untuk makan serta berbicara. Sariawan memang tidak termasuk jenis penyakit yang mematikan, namun bila tidak diatasi dengan secepatnya maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Sariawan dikenal juga dengan sebutan stomatitis merupakan suatu pembengkakan atau peradangan yang biasa terjadi di dalam lapisan mukosa mulut. Sariawan disebabkan oleh beberapa hal, entah itu alergi makanan, entah karena siklus haid, ada luka di area mulut, stres dan terlalu banyak minum minuman asam atau minum antibiotik.

Sariawan bisa terjadi pada gusi, lidah, pipi dan juga langit-langit mulut, sariawan yang cukup parah akan mengakibatkan terjadinya pendarahan, pembengkakan serta warna yang terlalu merah. Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

cara-mengobati-sariawan-di-lidah-secara-alamiKumur dengan air garam

Cara mengobati sariawan di lidah dengan larutan air garam. Anda yang sedang mengalami sariawan pada lidah bisa mencoba untuk berkumur dengan menggunakan air hangat yang telah diberikan sedikit garam, garam memiliki kandungan alami yang baik untuk mengobati sariawan di lidah. Cukup berkumur dengan air garam secara teratur, 3x setiap harinya, maka sariawan yang Anda alami bisa segera sembuh.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

Minum yogurt

Cara mengobati sariawan dengan cepat dengan mengkonsumsi yogurt. Yogurt yang biasanya dikonsumsi secara langsung sebagai minuman penyegar atau minuman untuk diet dan saos untuk salad, ternyata memiliki kelebihan lainnya, yakni untuk mengobati sariawan.

Yogurt akan membantu keseimbangan bakteri di dalam mulut serta tubuh, membuat sariawan cepat sembuh serta mencegah timbulnya sariawan. Anda yang ingin benar-benar sembuh dari sariawan, dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt yang memiliki kandungan acidophilus yang hidup.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Kumur dengan ramuan obat tradisional

Cara mengobati sariawan secara alami dengan berkumur menggunakan ramuan obat tradisional. Ramuan tradisional dibuat dari campuran bahan-bahan alami, yang setiap bahannya memiliki kandungan alami yang baik dan efektif untuk mengobati sariawan.

Cukup dengan membilas mulut menggunakan ramuan obat tradisional, entah itu lendir lidah buaya, ekstrak alami dari biji anggur, jus plum, perioksida hydrogen atau tree oil yang telah dicampur dengan air hangat dan garam.

Oles sariawan dengan bawang atau pepaya

Supaya sariawan lekas kempis dan sembuh, obati dengan memakai bawang dan pepaya. Cukup dengan mengoleskan bawang merah atau pepaya yang telah dihaluskan sebelumnya pada luka sariawan. Anda juga bisa memakai kantong teh celup sebagai obat alami untuk mengobati sariawan.

Baking soda

Obati sariawan Anda dengan memanfaakan kandungan alami yang berkhasiat tinggi dari baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air, lantas gunakan air campuran ini untuk berkumur atau oleskan secara langsung pada luka sariawan, baking soda secara efektif akan membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut serta membantu mengurangi rasa sakit yang biasa terjadi disaat sariawan membengkak atau meradang.

Minum multivitamin

Studi menunjukkan jika sariawan lebih sering dialami oleh mereka yang kekurangan vitamin B, vitamin C, asam folat dan juga zat besi. Apabila sariawan ingin lekas sembuh disarankan untuk mengkonsumsi vitamin tambahan, vitamin ini bisa diperoleh dari konsumsi buah-buahan atau dengan minum kapsul atau tablet vitamin.

Sariawan yang sudah membengkak dan parah tidak jarang membuat pipi ikut membengkak dan kondisi ini tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas di luar, agar sariawan lekas sembuh dan tidak membengkak, atasi dengan segera dengan mengaplikasikan beberapa cara mengobati sariawan di atas.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami"