Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat-obatan

No comment 6571 views

Sariawan merupakan salah satu masalah pada mulut yang biasa dialami hampir setiap orang. Sariawan memang bukanlah masalah serius namun terkadang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman penderitanya. Sariawan biasanya muncul pada bagian mulut seperti bibir, dinding mulut dan juga lidah. Untuk orang yang mempunyai alergi terhadap obat, ada cara mengobati sariawan tanpa obat-obatan yang ampuh.

Penyebab terjadinya sariawan pun bisa beragam. Sariawan biasa ditandai dengan adanya bercak putih kekuningan pada salah satu daerah mulut, serta disertai rasa perih terutama jika terkena makanan atau minuman. Bahkan terkadang rasa perih pada sariawan juga terjadi saat berbicara.

Mengobati Sariawan Tanpa ObatUmumnya sariawan terjadi atau muncul pada salah satu bagian mulut yang tergigit hingga berdarah. Namun kondisi tersebut bukanlah satu-satunya penyebab terjadinya sariawan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sariawan muncul.

Penyebab utama yang bisa membuat sariawan muncul yaitu karena kondisi tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin c, vitamin B12 serta zat besi. Nutrisi tersebut sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu saat tubuh kekurangan asupan nutrisi tersebut dapat menyebabkan sariawan mudah menyerang.  Selain itu, untuk mencegah terjadinya sariwan sebaiknya untuk tetap menjaga kebersihan mulut dengan gosok gigi secara teratur.

Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat-obatan

Saat ini banyak obat-obatan yang bisa ditemukan di apotek atau toko obat lainnya untuk mengatasi dan mengobati sariawan. Menggunakan obat sariawan memang cukup efektif dan cepat dalam mengatasi sariawan yang muncul. Namun sebagian orang juga banyak yang lebih memilih untuk mengobati sariawan dengan cara alami atau tanpa menggunakan obat-obatan karena dianggap lebih aman dan cukup efektif juga. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

  • Perbanyak Konsumsi C

Kekurangan vitamin c bisa menjadi penyabab utama munculnya sariawan. Ketika sariawan memang telah muncul, sebaiknya untuk memperbanyak konsumsi vitamin c. Selain menjadi kebutuhan tubuh, vitamin c juga dapat mempercepat proses penyembuhan, baik itu menyembuhkan sariawan maupun kondisi tubuh ketika sakit. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jambu biji dan juga tomat memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut dapat mengobati sariawan.

  • Yogurt

Yogurt merupakan minuman fermentasi yang sangat baik tubuh. Bakteri baik atau juga disebut probiotik di dalam yogurt dapat membantu untuk melawan infeksi pada daerah mulut yang terkena sariawan. Selain itu, yogurt juga memiliki sifat antiseptik yang dapat meringankan infeksi akibat sariawan.

Untuk mengobati sariawan juga dapat menggunakan bahan alami yang mudah didapat dan biasa terdapat di dapur, yaitu kunyit. Kunyit dianggap memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi dan mengobati jerawat. Caranya pun cukup mudah yakni  dengan mengoleskannya langsung pada  daerah yang terkena sariawan.

  • Perbanyak Minum Air

Cara mengobati sariawan tanpa obat lain adalah dengan minum air yang cukup. Terutama saat terkena sariawan, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air. Dengan mengkonsumsi air dapat menyembuhkan infeksi sariawan pada mulut serta dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Sariawan Tanpa Obat-obatan"