Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dan Tradisional

Vertigo merupakan salah satu bentuk dari gangguan kesehatan keseimbangan di dalam telinga bagian dalam yang memberikan rasa tidak nyaman sehingga membuat penderita merasakan pusing berputar atau pun rasa pusing melayang.

Vertigo menunjukkan jika sedang terjadi ketidakseimbangan di dalam tonus vestibular. Kondisi ini bisa saja terjadi akibat dari hilangnya masukan parifer disebabkan oleh adanya kerusakan pada labirin serta saraf vestibular atau bisa juga disebabkan oleh adanya aktivitas vestibulocerebellar atau terjadinya kerusakan unilateral tepatnya dari sel inti vestibular.

Vertigo akan membuat orang merasakan pusing yang tidak nyaman, rasa pusing yang dirasakan menimbulkan gejala guncangan serasa ruangan yang dipijaknya terguncang dan berputar, mereka yang mengalami vertigo tidak bisa berdiri dengan baik. Atasi vertigo dengan mencoba beberapa cara mengobati vertigo di bawah ini.

Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

cara-mengobati-vertigo-secara-alami-tradisionalTemukan sumber penyebabnya

Cara mengobati vertigo secara alami adalah dengen menemukan terlebih dahulu sumber penyebab vertigo. Sebab penyebab seseorang mengalami vertigo bukan menjadi patokan utama atau faktor tunggal karena umumnya, penanganan pada setiap kasus pasien vertigo tidaklah sama.

Vertigo bisa disebabkan karena banyak hal, entah itu karena gejala stroke, tumor otak, radang pada saraf keseimbangan, faktor genetika yang ikut ambil bagian serta penyakit miniere. Seorang pasien dengan keluhan vertigo harus memahami dengan baik apa sumber penyakit yang menyebabkan dirinya hingga mengalami vertigo, setelah mengetahui dengan baik apa sumber penyebabnya, maka langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah mengobati sumber penyebab tersebut.

Cara Mengobati Vertigo Secara Tradisional

Tidak minum alkohol dan makan coklat

Cara mengobati vertigo secara tradisional adalah dengan menghindari segala hal yang dapat memicu terjadinya vertigo, tidak terkecuali disaat Anda minum minuman beralkohol atau menyantap makanan dan minuman berbahan dasar coklat. Kedua jenis makanan dan minuman tersebut secara alami dapat memicu terjadinya sakit kepala terutama jika vertigo yang Anda alami disebabkan oleh penyakit meniere.

Banyak berolahraga

Cara mengobati penyakit vertigo untuk pasein dengan keluhan penyakit atau gejala penyakit stroke adalah mengubah pola hidup. Hiduplah dengan pola hidup yang jauh lebih sehat dan lebih teratur. Penderita disarankan untuk melakukan banyak kegiatan olah fisik supaya peredaran darah lancar serta tubuh menjadi jauh lebih bugar.

Faktor usia

Menurut seorang dokter spesialis THT, dr Diatri, Kepala Departemen Neurologi yang mengabdi di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Vertigo juga bisa disebabkan oleh faktor usia. Mereka yang berusia lanjut dan sering mengeluhkan kelelahan bisa saja mengalami vertigo, mereka akan mengalami gangguan pada organ penglihatan, mengalami sensasi kaku di daerah kaki sehingga keseimbangan pun menurun.

Latihan otak

Kabar baiknya, kini vertigo bisa diatasi dan dijauhkan dengan latihan otak atau latihan vestibular dan latihan habituasi. Latihan otak bisa Anda lakukan dengan cara menggerakkan anggota tubuh ke arah yang saling berlawanan. Latihan otak ini bisa dicoba setelah bangun tidur, miringkan kepala ke arah kiri dan biarkan badan jatuh ke arah berlawanan, terapi ini apabila dilakukan secara teratur akan membantu Anda mengatasi serangan vertigo.

Vertigo akan sangat mengancam keselamatan seseorang apabila kambuh disaat yang tidak tepat, seperti ketika Anda sedang berkendara, serangan vertigo secara otomatis akan membuyarkan konsentrasi pasien sekaligus membuyarkan fokus mata hingga menyebabkan kecelakaan. Anda yang kerapkali mengalami vertigo disaat berkendara hendaknya segera hentikan laju kendaraan dan jangan lupa untuk mencoba beberapa cara mengobati vertigo di atas.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dan Tradisional"