Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

No comment 1703 views

Saat ini cuaca di hampir setiap wilayah Indonesia memang mengalami perubahan iklim yang tidak menentu. Musim hujan dan musim kemarau juga tidak lagi berlangsung sesuai. Ada kalanya dimana musim kemarau terjadi lebih panjang ataupun sebaliknya. Sebagai akibat cuaca yang tidak menentu, kekebalan tubuh menjadi berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini, kita perlu mencari cara meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari kondisi sakit.

Salah satu perubahan iklim yang sangat bisa dirasakan saat ini yakni cuaca yang semakin panas. Mungkin karena faktor pemanasan global pula yang mengakibatkan suhu panas meningkat. Namun cuaca yang panas bisa berubah seketika dengan turunnya hujan. Fenomena seperti inilah yang biasa kita sebut pancaroba.Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Musim pancaroba dianggap dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan yaitu salah satunya dapat menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Saat imunitas tubuh turun maka efeknya dapat membuat tubuh rentan terserang beragam penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dialami saat sistem imun menurun yaitu mudah terserang flu, batuk, demam, sakit tenggorokan hingga mengalami infeksi.

Cara meningkatkan imunitas tubuh

Pada musim pancaroba seperti saat ini, penting bagi kita untuk tetap menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  • Banyak Minum Air Putih

70 % dari tubuh kita terdiri dari air. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk minum air minimal 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Terutama pada musim panas tubuh akan cepat kekurangan cairan sehingga jika tidak mengkonsumsi air yang cukup tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Faktor itu lah yang juga akan membuat imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih saat kondisi cuaca yang panas agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara terbaik untuk tetap sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat bisa berupa buah serta sayuran. Keduanya merupakan makanan yang harus kita konsumsi jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa memilih buah dengan kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi ataupun kandungan vitamin D yang ampuh untuk meningkatkan sistem imun.

  • Tidur yang Cukup

Selain minum air yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat, cara lain agar imunitas tubuh tetap terjaga yakni dengan tidur yang cukup. Usahakan untuk menjaga pola tidur serta menghindari untuk begadang. Kurang waktu tidur sama hal nya dengan kurangnya waktu istirahat sehingga hal ini dapat membuat kekebalan tubuh menurun hingga membuat jatuh sakit.

  • Hindari stress

Kondisi pikiran juga akan memberikan pengaruh pada kondisi fisik. Menghadapi banyak masalah terkadang akan membuat stress. Ketika dilanda stress karena beragam faktor secara otomatis hal tersebut dapat menurunkan imunitas tubuh. Untuk itu hindari stress agar kekebalan tubuh tidak menurun. Cara meningkatkan imunitas tubuh bisa didapatkan dari hal-hal yang menyenangkan seperti berlibur agar mengurangi pikiran yang membuat stress.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh"