Cara Menurunkan Panas Pada Anak

No comment 1710 views

Setiap orang tua tentu tidak ingin buah hatinya jatuh sakit. Ketika sang anak mengalami sakit, apapun akan dilakukan agar anak segera sembuh. Salah satu kebiasaan yang sering dialami adalah sakit panas atau demam. Suhu panas yang tinggi pada anak membuat setiap orang khawatir, sebab panas yang terlalu tinggi bisa saja merupakan suatu tanda bahwa tubuh mengalami infeksi atau sedang melawan virus dan bakteri. Untuk itu, perlu penangan yang tepat tentang cara menurunkan panas pada anak saat mengalami hal ini.

Selain itu suhu panas yang tinggi dapat membuat anak mengalami kejang atau biasa disebut dengan istilah step. Bagi para orangtua ketika mendapati anak panas tinggi sebaiknya tidak panik.  Usahakan untuk mencari solusi menurunkan panas pada anak serta tetap mengawasi suhu panas anak agar tidak meningkat atau melebihi batas daya tahan sang anak. Biasanya suhu panas anak maksimal sekitar 38° celcius.Cara Menurunkan Panas Pada Anak

Cara menurunkan panas pada anak

Beberapa orang tua mungkin masih bingung saat anak mengalami panas tinggi, khususnya para orang tua muda. Berikut beberapa cara menurunkan panas pada anak yang bisa dilakukan para orangtua.

  1. Mengompres

Salah satu cara sederhana dan sudah biasa dilakukan untuk menurunkan panas pada anak yakni dengan mengompresnya dengan menggunakan air dingin, bahkan ada pula yang menggunakan air es agar suhu panas anak cepat turun. Meski kadang cukup efektif namun sebenarnya mengompres anak dengan menggunakan air dingin dapat berdampak buruk pada anak serta panas akan naik lagi. Hal ini disebabkan karena mengompres dengan air dingin atau air es dapat menyebabkan kontraksi pada otaknya, serta panas yang turun juga bersifat sementara dan sang anak akan kembali panas tinggi.

Cara yang lebih efektif yakni dengan mengompres menggunakan air hangat. Dengan kompres, tubuh akan dirangsang untuk mengeluarkan keringat, dan secara alami suhu tubuh akan menurun.

  1. Menggunakan bawang merah

Ketika anak mengalami panas tinggi, penyembuhan bisa memanfaatkan bumbu yang ada di dapur yakni bawang merah. Bawang merah telah turun temurun digunakan sebagai cara alami untuk menurunkan panas tinggi pada anak atau balita. Kandungan pada bawang merah sangat bermanfaat untuk menurunkan panas anak. Caranya menggunakan bawang merah untuk menurunkan panas anak cukup mudah, yakni bawang merah dapat diparut atau diiris tipis kemudian tambahkan minyak kelapa. Balurkan ramuan ini pada tubuh anak kemudian tunggu sampai suhu tubuh anak menurun.

  1. Menggunakan kunyit

Selain bawang merah, bumbu dapur lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada anak yakni kunyit. Bedanya ramuan kunyit ini tidak dibalurkan pada tubuh anak namun ramuan kunyit ini diminum. Parut kunyit yang berukuran sekitar satu ruas jari kemudian campurkan pada air, lau peras ramuan tersebut dan berikan pada anak untuk diminum. Beberapa orang menilai bahwa jenis perawatan ini sangat cocok untuk digunakan menurunkan panas pada anak.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Menurunkan Panas Pada Anak"