Cara Menyembuhkan Pilek dan Batuk Secara Alami

Dalam cuaca yang tidak jelas kapan panas dan kapan hujannya seperti ini, orang sangat rentan terkena flu dan juga pilek. Mengatasi flu atau pilek tidak harus dengan mengkonsumsi obat-obatan karena biasanya pilek akan sembuh sendiri asalkan Anda beristirahat dengan baik dan makan makanan yang hangat.

Dan dalam beberapa kasus, pilek bisa sembuh setelah 24 jam. Yang perlu Anda lakukan adalah membangun kembali sistem imun untuk memerangi virus yang menjadi penyebab dari pilek atau flu. Untuk mempercepat proses penyembuhan, ikuti beberapa cara menyembuhkan pilek berikut ini.

Cara Menyembuhkan Pilek dengan Cepat

Jogging

cara-menyembuhkan-pilek-secara-alamiCara menyembuhkan pilek dengan cepat dengan banyak berolahraga, ketika sakit bukan alasan jika Anda malas untuk berolahraga, karena ada beberapa cabang olahraga yang bisa menyembuhkan pilek, salah satunya adalah jogging.

Seorang dokter keluarga dan anak, Andrea Hulse, D.O, berkata jika berlari-lari kecil akan membantu meringankan pilek. Jogging akan membuat tubuh terasa lebih nyaman dan ringan, maka dari itu, daripada minum obat lebih baik Anda melakukan lari-lari kecil selama beberapa menit.

Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami

Yoga

Cara menyembuhkan pilek secara alami dengan melakukan yoga. Biasanya orang akan melakukan yoga untuk membantu mengatasi stres, namun ternyata yoga juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh secara alami akan melepaskan hormon cortisol disaat melawan infeksi yang mana biasa terjadi disaat seseorang mengalami pilek.

Anda yang ingin sembuh dari pilek dengan metode yoga bisa mencoba untuk melakukan yoga ringan yang bertempo lambat. Penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan jika bersenandung adalah cara efektif untuk membantu membuka saluran hidung serta pernafasan yang sedang tersumbat dan ketika melakukan yoga, secara otomatis Anda juga akan melakukan hal ini.

Cara Menyembuhkan Pilek dan Batuk

Berjalan kaki

Cara menyembuhkan pilek dan batuk dengan berjalan kaki. Selain menyembuhkan pilek dengan jogging dan yoga, Anda bisa mencoba untuk berjalan kaki. Disaat hidung tersumbat, berjalan santai di luar rumah sambil mengambil nafas dalam-dalam akan membantu membuka saluran pernafasan.

Oleh karena itu, sempatkanlah diri Anda untuk melakukan kegiatan mudah nan menyenangkan ini setiap hari selama 20 menit. Namun, apabila tubuh menjadi lebih lemas dan sakit dari sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda berhenti melakukan hal ini.

Mandi dengan air hangat

Atasi pilek tanpa obat dengan cara mandi air hangat. Mandi dengan air hangat akan membantu meringankan tubuh dan membuat tubuh terasa lebih nyaman, uap panas sangat berguna untuk melegakan sinus Anda yang sedang meradang. Mandilah dengan air hangat di pagi hari, pada pukul 07.00.

Sarapan bubur dengan tambahan berries

Ketika tubuh sedang tidak enak, hidung tersumbat dan suhu tubuh meningkat, nafsu makan biasanya menghilang. Atasi nafsu makan yang memburuk ketika pilek dengan makan bubur yang ditambah dengan berries. Mengkonsumsi banyak vitamin disaat tubuh sedang tidak sehat akan memberikan banyak manfaat, Anda bisa makan bubukr berries dan minum jus jeruk.

Uap panas

Cara menyembuhkan pilek tepatnya hidung yang tersumbat bisa dilakukan dengan menyemburkan uap panas pada permukaan wajah Anda, uap panas akan membantu melegakan saluran pernafasan sehingga hidung Anda tidak lagi tersumbat dan pilek bisa segera sembuh. Lakukan pengupan dengan cara manual, Anda bisa merebus air untuk kemudian memakai uap panasnya, Anda bisa menambahkan air mawar atau minyak lavender. Cara alami ini selain baik untuk mengatasi pilek juga baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Menyembuhkan Pilek dan Batuk Secara Alami"