Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Pada umumnya saat musim pancaroba tiba atau musim kemarau, banyak orang yang mengeluhkan sakit pada tenggorokan, sakit pada tenggorokan ini bisa disebabkan oleh kurang minum yang mengakibatkan tenggorokan kering dan dehidrasi.

Sakit tenggorokan biasanya diikuti dengan batuk dan juga demam, sakit tenggorokan yang tidak segera diatasi sejak awal akan menyebabkan infeksi di daerah tenggorokan, sehingga penularannya akan lebih cepat menyebar ke area paru-paru dan apabila sudah menyebar dan menyerang paru-paru, proses penyembuhan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Sakit tenggorokan tidak selalu bisa diatasi dengan pengobatan modern atau pengobatan kedokteran, ada beberapa cara menyembuhkan sakit tenggorokan yang memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami, diantaranya adalah.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat

cara-menyembuhkan-radang-tenggorokanAir garam

Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat dengan berkumur secara teratur setiap hari sebanyak 3-4 kali dengan larutan air garam. Air garam dinilai ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan serta mencegah infeksi sehingga tidak menyebar ke daerah lainnya.

Anda yang tidak hanya memiliki masalah kesehatan sakit tenggorokan, tapi juga batuk berdahak, bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam untuk membantu mengeluarkan dahak yang terendap di tenggorokan sehingga tenggorokan menjadi lebih nyaman dan lega. Cukup dengan mengambil segelas air hangat dan tambahkan seperempat sendok teh garam beryodium ke dalamnya.

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Ramuan hangat herbal

Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dengan memakai ramuan hangat herbal. Ramuan herbal ini meliputi, teh, jahe, lemon, kayu manis, jeruk nipis, madu dan bahan-bahan herbal lainnya yang dibuat menjadi ramuan hangat herbal untuk membantu memberikan rasa nyaman di tenggorokan. Mengkonsumsi ramuan hangat herbal setiap harinya akan membantu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan hingga sakit tenggorokan benar-benar sembuh dengan sempurna.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Makanan bertekstur halus

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur yang halus. Mengkonsumsi makanan dengan tekstur kasar akan menambah rasa sakit pada tenggorokan. Cobalah untuk makan bubur atau makanan halus lainnya, dan usahakan untuk tidak menambahkan banyak bumbu pada makanan yang akan Anda konsumsi, apalagi jika itu rasa pedas sehingga tidak terjadi radang pada tenggorokan.

Penguapan

Sembuhkan sakit tenggorokan dengan melakukan steaming. Cukup dengan menyiapkan seember air panas untuk kemudian diberikan beberapa tetesan minyak kayu putih ke dalamnya. Dekatkan hidung Anda dengan ember lalu vacuum dengan menggunakan handuk sehingga uap bisa terhirup dengan baik. Cara alami ini akan membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan dan juga bermanfaat dengan sangat baik untuk mengelurkan dahak yang menepel di tenggorokan.

Air alang-alang

Tahukah Anda jika alang-alang ternyata memiliki khasiat alami untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Cukup dengan membersihkan batang alang-alang dan ambil satu genggam lantas direbus dengan sepanci air dan biarkan sampai air rebusan mendidih dan tersisa separuhnya saja. Sisa air rebusan alang-alang diminum secara rutin hingga sakit tenggorokan sembuh.

Menghindari berbagai tindakan pemicu sakit tenggorokan

Agar sakit tenggorokan tidak semakin parah dan menjadi meradang, cobalah untuk menghindari berbagai tindakan yang dapat memicu sakit tenggorokan. Beberapa tindakan ini, antara lain adalah merokok, mengkonsumsi minuman bersoda atau beralkohol, mengkonsumsi makanan yang pedas, minuman dingin, mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang minum air mineral.

Cara menyembuhkan sakit tenggorokan di atas merupakan cara alternatif yang mampu membantu Anda mengatasi rasa sakit pada tenggorokan di dalam rumah sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengobatan ke rumah sakit.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami"