Cara Merawat Gigi yang Tepat Sesuai Petunjuk Dokter

Gigi merupakan satu organ yang penting bagi tubuh. Hal itu disebabkan oleh peranan gigi itu sendiri sebagai alat untuk melumat makanan. Makanan adalah salah satu sumber energi yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Oleh sebab itu, cara merawat gigi juga harus diperhatikan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dilumat dengan baik. Perlu diketahui, terkait dengan fungsinya, gigi akan terkontak langsung dengan bakteri maupun virus yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Karena itu, jika tidak dirawat dengan benar, gigi akan dengan mudah menguning, menghitam dan berlubang. Agar memiliki gigi yang putih, sehat dan kuat, anda dapat merawatnya dengan tips cara merawat kesehatan gigi yang baik dan benar.

Cara Merawat Gigi yang Tepat Sesuai Petunjuk DokterPada umumnya, gigi dapat dirawat melalui gosok gigi rutin minimal 2 kali sehari. Yang pertama bisa dilakukan setelah sarapan dan yang kedua dapat dilakukan sebelum tidur. Menggosok gigi setelah sarapan berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan sehingga kondisi gigi menjadi bersih dan segar pada saat melakukan aktivitas seharian. Sedangkan, menggosok gigi sebelum tidur berfungsi untuk membersihkan gigi setelah seharian bekerja dan ketika beristirahat pada malam hari gigi sudah dalam bersih kembali sehingga tidak akan ada kuman yang akan berkembang menjadi dua kali lipat pada malam hari. Itulah salah satu tips cara merawat kesehatan gigi yang paling sederhana.

Kemudian, anda dapat melanjutkan cara merawat kesehatan gigi dengan pemilihan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan zat warna akan menyebabkan warna gigi berubah lama kelamaan. Minuman yang memiliki zat warna dan sering dikonsumsi oleh banyak orang ialah kopi dan teh. Kedua minuman tersebut memiliki kandungan zat warna yang dapat menyumbangkan perubahan warna gigi secara perlahan dari warna putih menjadi kuning. Minuman ini juga tidak dianjurkan untuk ditahan atau dikumur dalam mulut dalam waktu yang cukup lama dengan alasan menikmati rasa. Menahan minuman di dalam mulut dapat merusak warna alami gigi.

Selain itu, merokok juga merupakan aktivitas yang dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi gigi. Kebiasaan merokok akan meninggalkan noda-noda kecokelatan pada gigi. Dengan demikian, gusi yang awalnya berwarna cerah akan berubah menjadi lebih gelap. Noda kecokelatan yang ditimbulkan oleh rokok tidak akan mudah dibersihkan hanya dengan menggosok gigi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Tips cara merawat kesehatan gigi juga dapat dilakukan dengan memperbaiki cara menyikat gigi. Anda perlu tahu bahwa menggosok gigi terlalu sering sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak email gigi dan melukai gusi. Kemudian, jangan menyikat gigi terlalu kuat serta jangan melakukannya dengan terburu-buru.

Cara merawat kesehatan gigi yang lain juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Sebagaimana yang kita tahu bahwa struktur gigi yang sehat didominasi oleh kalsium. Gigi yang mendapat asupan kalsium yang cukup tentu akan lebih sehat, terawat dan tidak mudah berlubang. Tips cara merawat kesehatan gigi dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium bahkan bisa menyembuhkan gigi yang sudah terlanjur berlubang. Hal ini dikarenakan kalsium dapat merawat kesehatan gigi anda secara internal. Makanan dan minuman yang kaya akan kalsium misalnya susu, telur, daging dan asupan multivitamin lainnya. Jangan pernah mengabaikan kesehatan gigi dan mulut karena ini sangat mempengaruhi penampilan dan senyum anda.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Merawat Gigi yang Tepat Sesuai Petunjuk Dokter"