Cara Mudah menanggulangi ASAM URAT

No comment 3030 views

 Gejala-Asam-Urat-dan-PengobatannyaAsam Urat merupakan  Penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan juga pergelangan tangan. Efek dari asam urat nyeri atau rasa sakit pada bagian persendian yang diakibatkan asam urat dan membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang. Umumnya kita menyimpulkan semua rasa nyeri di persendian merupakan penyakit yang di sebakan oleh asam urat.

Apakah penyebab Umum Asam Urat ?

Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin merupakan hasil olahan tubuh dan menjadi asam urat, dalam setiap tubuh orang pasti terdapat zat purin ini, namun kadar zat purin ini berbeda-beda untuk setiap individu ,ada yang normal dan ada juga yang berlebihan, akan tetapi jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, mengakibatkan ginjal dalam tubuh kita tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga pengkristalan bisa terjadi, yang berakibat menumpuk di area persendian tubuh yang berakibat sendi terasa nyeri, bengkak bahkan sampai meradang.

Gejala Umum Asam Urat

Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada wilayah bagian persendian, atau ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Umumnya rasa nyeri tersebut akan timbul pada malam hari dan pagi hari, disaat anda bangun tidur. Rasa nyeri tersebut terasa secara berulang pada bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.

Tips cara mengatasi penyakit Asam Urat secara mudah ?

Sebenarnya sudah banyak orang yang jualan obat asam urat yang sudah terbukti ampuh khasiatnya. Tapi untuk kita yang mempunyai kendala dibidang keuangan, tapi cara sederhana ini bisa anda coba di rumah. silahkan simak beberapa cara mengobati asam urat berikut ini :

Mengonsumsi Air Putih Minimal 8-10 gelas per-hari.

minum-air-putihMengkonsumsi air putih minimal 8 – 10 gelas per hari. Tujuannya yaitu untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Umumnya jika sirkulasi tubuh kita kurang cairan, maka proses pengkristalan asam urat bisa terjadi. Minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang/megeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin

 

Mengurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin

makanan-tinggi-zat-purinUmumnya zat purin terdapat pada jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb.

Perbanyak Makanan yang Bersifat Basa

makanan-sifat-basaDalam bukunya “Alkalinize Or Die” Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

 

 

Mengkonsumsi Buah Cerry (Jus Buah Cerry)

manfaat-buah-cerimengkonsumsi buah cerry secara rutin bertujuan untuk membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

 

 

Konsumsi buah Lemon (Jus Buah Lemon)

Buah-LemonSecara umum kandungan dalam nutrisi buah lemon akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat. (sumber : www.health911.com)

Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kemudian www.health911.com juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.

Konsumsi Cuka Madu (Propolis)

Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang apa itu cuka madu. Cuka madu dibeberapa tepat dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis. Kandungan dalam propolis bisa memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh. Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

 

 

 

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mudah menanggulangi ASAM URAT"