Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

No comment 2265 views

Telah kita ketahui bersama bahwa jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Jantung memiliki fungsi utama sebagi pemompa darah di dalam tubuh manusia setelah melalui proses pembersihan oleh paru-paru. Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung seperti berat badan yang berlebih, malas berolahraga, merokok, kecanduan alkohol serta mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, tentu saja kita harus menjaga kesehatan jantung agar tidak terserang berbagai macam penyakit yang dapat merusak fungsi dari organ tersebut. Setiap orang pasti menginginkan jantung yang sehat dan rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya, mulai dari berolahraga, menjaga pola makan serta gaya hidup sehari-hari. Namun demikian, banyak juga di antara mereka yang mengabaikan hal tersebut. Faktanya, banyak juga orang yang terserang penyakit jantung karena gaya hidup mereka sendiri.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

 

1. Olah Raga

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Jika jantung berhenti berdetak, maka nyawa kita akan lenyap seketika. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting dan tidak bisa diabaikan. Memang di butuhkan ketelatenan dalam hal ini karena harus dilakukan secara rutin untuk hasil yang optimal. Sebenarnya, banyak cara menjaga kesehatan jantung tetap sehat yang dapat kita lakukan. Olah raga yang teratur sangat di anjurkan karena selain badan menjadi bugar, olahraga juga memiliki pengaruh baik bagi kesehatan jantung. Banyak bidang dan jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan seperti jogging, bersepeda, dan lain sebagainya. Jenis olahraga ini dapat memacu kinerja jantung agar lebih optimal.

2. Jaga Pola Makan

Selain berolahraga, cara menjaga kesehatan jantung tetap sehat lainnya adalah menjaga pola makan. Makanan yang banyak mengandung lemak jahat sebaiknya dihindari karena jika terserap dan mengalir dalam darah tentu saja dapat merusak organ jantung. Selain itu, lemak juga dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, jika menginginkan jantung yang sehat, hindarilah makanan-makanan seperti bebek goreng, gorengan serta makanan berminyak lainnya. Sebagai tambahan, berat badan juga menjadi penyebab munculnya penyakit jantung. Mungkin kita sering melihat atau mendengar bahwa sebagian besar penderita penyakit jantung adalah mereka yang memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas. Hal ini disebabkan karena tumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh menyebabkan jantung tidak dapat berfungsi secara maksimal.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagai solusi, air putih dapat di gunakan sebagai cara menjaga kesehatan jantung tetap sehat. Bukan rahasia lagi jika air putih adalah kunci utama dari menjaga kesehatan, kebugaran tubuh serta kecantikan kulit. Jumlah air putih yang di anjurkan oleh para pakar kesehatan adalah sebanyak 8 gelas per hari. Air putih yang kita konsumsi dapat membantu proses metabolisme yang di lakukan tubuh untuk mengeluarkan racun dalam darah melalui air seni dan keringat. Oleh karena itu, mulailah perbanyak meminum air putih yang diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

4. Senyum-lah

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan jantung tetap sehat yang terakhir ialah dengan memperbanyak senyum. Senyuman yang kita tebarkan selain memberikan perasaan nyaman bagi orang di sekitar kita, ternyata hal ini tanpa kita sadari juga akan membuka lebar pembuluh darah dalam tubuh. Dengan demikian, tersenyum dapat memperlancar peredaran darah untuk mengalir menuju jantung. Menjaga kesehatan jantung adalah tanggung jawab setiap individu, sehingga di perlukan kesadaran diri sendiri untuk melakukannya.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung"