Cara Sederhana Mencegah Kanker dengan Bawang Putih

Kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti karena dianggap paling berbahaya dan mematikan. Kanker menyerang hampir setiap bagian organ tubuh. Tak terkecuali kanker payudara dan ovarium pada wanita khususnya. Sebenarnya, ada cara sederhana mencegah kanker dengan bawang putih. Cara ini bisa digunakan sebagai alternative untuk mencegah kanker berkembang.

Tidak sedikit penderita kanker yang berujung kematian karena pengobatan saat ini dianggap belum ada yang mampu mengatasi penyakit kanker dengan sempurna. Meski kanker menjadi penyakit serius yang sulit disembuhkan, namun kanker juga masih bisa dihindari dengan pola hidup yang sehat seperti menjaga pola makan dan rutin berolah raga. Dengan demikian setidaknya sudah berusaha untuk menjaga dan mencegah tubuh dari serangan kanker.

Mencegah kanker dengan bawang putihPengobatan medis memang dianggap belum ada yang sempurna dalam mengatasi kanker. Namun ternyata kanker bisa dicegah dengan cara yang alami. Salah satu obat alami untuk mencegah kanker yakni bawang putih. Bawang putih umumnya selalu ada di dapur-dapur karena merupakan bumbu yang membuat masakan lebih nikmat.

Selain sebagai bumbu dapur, faktanya bawang putih mempunyai sejumlah kandungan senyawa untuk mencegah dan mengobati kanker. Terutama pada kanker yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia seperti kanker paru-paru, payudara, liver, prostat, perut, kolorektal dan kulit.

Sejumlah kandungan zat aktif dalam bawang putih yaitu diantaranya vitamin A, B, C, zat besi, potassium, kalsium, selenium, minyak atsiri, flavonoidan palitenol, saponinin dan senyawa organik yang memiliki atom sulfur.  Kandungan utama yang dianggap paling dominan pada bawang putih dalam memerangi kanker yaitu allyl. Zat tersebut dapat mencegah pembentukan nitrosamin juga menghambat karsinogen di dalam tubuh. Allyl juga diketahui berkhasiat sebagai antiinflamasi, anti mikroba, anti jamur, anti kolesterol, anti diabetes, anti hipertensi, serta anti tumor.

Cara Sederhana Mencegah Kanker dengan Bawang Putih

Beberapa kandungan dalam bawang putih berperan sebagai antioksidan. Selain itu, kadungan lainnya pada bawang putih berkhasiat untuk meredakan bengkak, mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta membunuh virus pemicu berbagai macam kanker. Namun bagaimanakah cara mengkonsumsi bawang putih yang benar agar mendapatkan manfaatnya. Berikut cara atau resep yang bisa diikuti untuk mencegah kanker dengan bawang putih.

  • Rebusan Bawang Putih

Untuk membuat bawang putih sebagai obat alami dalam mencegah kanker yaitu cukup siapkan tujuh siung bawang putih ukuran besar yang masih segar yang telah dikupas, dicuci bersih serta diiris tipis. Rebus dengan 600 ml air hingga tersisa satu setengah gelas. Saring air rebusannya, setelah hangat minum rebusan ini tiga kali sehari sebanyak setengah gelas. Untuk menghilangkan rasa pekat, bisa ditambahkan satu sendok teh madu murni dan air perasan jeruk.

  • Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah

Jika ingin tidak terlalu repot, cara lainnya untuk mencegah kanker dengan bawang putih yakni dengan mengkonsumsinya mentah-mentah dengan cara mengunyah bawang putih setiap hari. Hal ini memang mudah, namun tentunya sebagian orang tidak tahan dengan baunya. Meski menyehatkan konsumsi bawang putih tetap harus dibatasi yakni sekitar 1 sampai 2 siung perhari jika dikonsumsi mentah.

  • Dikonsumsi dengan Masakan

Bawang putih yang dijadikan bumbu dan dimasak juga masih memiliki khasiat, namun caranya dengan mendiamkan bawang putih yang telah diiris atau digeprak selama 15 menit. Hal ini akan membuat terjadinya reaksi kimia yang mengaktifkan zat-zat allyl sulfur yang tidak akan rusak atau hilang walau dimasak, sehingga khasiatnya mencegah kanker dengan bawang putih masih terasa.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Sederhana Mencegah Kanker dengan Bawang Putih"