Cara Sehat Mengatasi Tidur Mendengkur

No comment 1768 views

Cara Sehat Mengatasi Tidur Mendengkur

Kamu sering mendengar suara dengkuran suamimu? Atau kamu merasa dirimu yang mendengkur. Sangatlah tidak mengenakkan ketika mendengar dengkuran orang lain yang membuatmu sulit tidur. Atau jika kamu sendiri yang mengalaminya, tentu aka ada perasaan malu menyelimutimu. Bagaimana cara alami tanpa obat-obatan agar mengurangi dengkuran hingga menghilangkan dengkuran saat tidur? Inilah cara sehat mengatasi tidur mendengkur yang dapat kamu terapkan dan lakukan secara rutin setiap hari.

1.Posisi tidur

Perhatikan posisi tidurmu untuk mengurangi mendengkur saat tidur. Salah satu posisi yang rentang terhadap dengkuran adalah posisi terlentang. Pada saat itu, mulut akan terbuka, posisi lidah akan terdorong ke dalam sehingga memudahkan menyumbat saluran napas dan menimbulkan suara dengkuran. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dimana sebelum tidur cobalah untuk membersihkan rongga hidung dan menyikat gigi. Setelah itu cobalah tidur dengan posisi miring atau meletakan kepala lebih tinggi.

2. Olahraga

Olahraga yang rutin dapat membantu mengencangkan beberapa otot tubuh termasuk otot tenggorokan. Olahraga juga membantumu untuk membuang kalori sehingga dapat menurunkan berat badan sehingga saluran nafasmu bekerja secara maksimal saat tertidur.

3. Hindari penggunaan obat-obatan

Jika kamu ada mengonsumsi obat-obatan penenang untuk mempermudah tidurmu maka sebelumnya lakukan konsultasi pada doktermu. Konsumsi obat-obatan penenang  serta alkohol  akan meningkatkan relaksasi  yang menimbulkan suara dengkuran. Seorang laki-laki memiliki saluran nafas yang lebih kecil sehingga risiko mendengkur lebih dominan pada laki-laki dibanding perempuan.

4. Kurangi merokok

Kandungan dalam rokok dapat membuat iritasi pada saluran nafas sehingga terdapat penyumbatan dalam hidungmu yang menyebatan saluran nafas menjadi sempit dan menimbulkan dengkuran. Beberapa studi yang dipublikasikan pada American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menyatakan bahwa terdapat hubungan antara merokok dan mendengkur. Beberapa studi ini menyimpulkan juga bahwa para perokok aktif lebih sering menderita kebiasaan mendengkur dibandingkan yang tidak merokok. Biasanya  dengkuran perokok mengeluarkan suara lebih keras, terjadi minimal tiga kalii dalam seminggu, dan mengganggu tidur. Penyebab munculnya dengkuran akibat bahan kimia yang terkandung dalam asap tembakau pada rokok, sehingga mengiritasi sistem pernapasan. Jika terus berlanjut maka semakin hari saluran tersebut semakin menyempit. Penyempitan saluran napas ini juga terjadi pada hidung yang membuat hambatan dari aliran normal udara saat bernapas sehingga menghasilkan muncullah suara dengkuran yang keras.

5. Minum air putih

Tujuan minum air putih adalah menjaga agar cairan dalam tubuh tetap tercukupi.  Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Ketika terjadi dehidrasi, sekresi di hidung dan langit-langit menjadi lengket sehingga menyebabkan mendengkur. Dianjurkan bagi wanita untuk sekitar 11 gelas air sehari (dari semua minuman dan makanan), dan laki-laki membutuhkan sekitar 16 gelas.

6. Mengubah bantal

Alergen di kamar tidur dan bantal dapat berkontribusi yang menyebabkan kamu menjadi mendengkur. Jika tidak rutin dibersihkan maka tungau debu akan menumpuk dibantal dan timbullah reaksi alergi, yang bisa menjadi pencetus timbulnya dengkuran. Hewan peliharaan yang tidur di tempat tidur juga dapat menyebabkan kamu jadi menghirup bulu binatang, salah satu iritasi umum lain. Bersihkan bantal secara rutin setiap beberapa minggu sekali dan menggantinya setiap enam bulan sekali untuk menjaga tungau debu dan alergen dalam jumlah minimum, serta jaga hewan peliharaan agar tidak masuk ke dalam kamar tidurmu. Perlu berhati-hati sebelum berbelanja bantal khusus yang dirancang untuk mencegah mendengkur. Teknologi yang maju telah membuat bantal khusus untuk mengatasi dengkuran dimana dia bekerja dengan memperbaiki masalah hidung, tetapi efek samping yang ditimbulkan adalah dapat menyebabkan sakit leher.

7. Turunkan berat badan

Ternyata berat badan berlebih juga bisa menyebabkan munculnya dengkuran. Saat berat badanmu melampaui batas ideal, cenderung akan kehilangan kekencangan otot. Akibat dari otot-otot tenggorokan dan rahang yang longgar menyebabkan lidah akan tertarik ke dalam dan jatuh ke tenggorokan. Hal ini menyebabkan proses pernapasan normalnya akan terhambat terutama disaat tidur. Akibatnya akan timbul getaran pada daerah tenggorokan yang timbul oleh tekanan udara yang mengalir di jalur yang sangat sempit kemudian menimbulkan suara bising yang sering dikenai dengan dengkuran. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, diet bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi mendengkur.

 

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Sehat Mengatasi Tidur Mendengkur"