Cara Tepat Mencegah Virus Zika

No comment 3794 views

Cara Tepat Mencegah Virus Zika

Penyakit Zika atau demam Zika memang menjadi momok yang hangat untuk dibicarakan. Penyakit zika sendiri disebabkan oleh infeksi virus Zika yang muncul lewat perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti.

Sejarah virus Zika sendiri awalnya ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947. Memang sudah lama, kemudian pada tahun 1948, virus Zika ditemukan baru pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama yang kemudian menyebar pada manusia di Nigeria pada tahun 1954. Akhirnya virus Zika sempat menjadi endemis dan  menyebar ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 tepatnya wilayah Pasifik Selatan. Pada Mei 2015, virus ini kembali merebak pada Brazil. Penyebaran virus ternyata semakin meluas hingga hampir tersebar diseluruh dunia. Tepatnya pada Januari 2016 di Amerika Utara, Amerika Selatan, Samoa, Karibia, dan Afrika). Hingga pada akhirnya menyebar ke Indonesia tepatnya di Jambi pada tahun 2015.

Gejala Penyakit Zika

Sulitnya mengenali gejala penyakit zika ini karena gejala yang ditimbulkan menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya. Gejala yang paling sering ditemukan antara lain nyeri kepala, nyeri sendi, infeksi mata (konjungtivitis), dan timbul bintik-bintik kemerahan (ruam kemerahan). Gejala ini umumnya bersifat ringan dan berlangsung dalam satu minggu.

Periode inkubasi dari virus zika sebenarnya berlangsung 2-7 hari semenjak pasien terpapar virus ini (terkena gigitan nyamuk). Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dari lima orang yang terinfeksi virus Zika, satu orang menjadi sakit akibat virus ini. Meskipun kasus berat jarang terjadi dari kasus ini, namun hal ini tetap harus diatasi secepat mungkin.

Pencegahan Virus Zika

Tujuan untuk pencegahan virus Zika adalah menghambat perkembangan nyamuk dan membentuk pola hidup sehat sehingga anda dapat terhindari dari penyakit Zika. Pencegahan yang dapat anda lakukan antara lain:

1.Hindari kontak dengan nyamuk

Untuk menghindari kontak nyamuk, anda dapat menggunakan kelambu saat tidur, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

2. Pemberantasan sarang nyamuk

Anda dapat melakukan pemberantasan  sarang  nyamuk  (PSN) dengan program nasional seperti demam berdarah yaitu  3M  Plus  (menguras bak mandi, menutup

tempat penampungan air, melakukan daur ulang barang bekas, serta menabur bubuk larvasida). Ketahuiah bahwa satu sendok makan air yang ada dapat menampuh nyamuk berkembangbiak menjadi 300 nyamuk.

3. Jumantik (Juru Pemantau Jentik)

Program dari pemerintah adalah melakukan pengawasan  jentik  yang secara langsung  melibatkan  peran  aktif  masyarakat melalui Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik)

4. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

PHBS juga termasuk program dari pemerintah dimana masyarakan diajarkan untuk melakukan pola hidup sehat dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh melalui program ini

5. Perlindungan ekstra ibu hamil

Virus Zika sangat berisiko pada ibu hamil. Hal ini disebabkan virus Zika dapat meningkatkan terjadinya risiko mikrosefalus pada bayi. Oleh karena itu, diperlukan perlindungan ekstra dari gigitan nyamuk dengan tujuan mencegah infeksi virus tersebut selama kehamilan. Anda dapat menggunakan baju  yang  menutup  sebagian  besar  permukaan  kulit serta berwarna  cerah, hindari pula pemakaian aroma yang  dapat  menarik  perhatian  nyamuk  seperti halnya parfum atau deodoran.

6. Lakukan tes virus zika

Jika Anda pernah datang di tempat endemis virus Zika, maka disarankan untuk melakukan tes kesehatan terkait virus satu ini. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini apakah anda tertular atau tidak. Jika pun tertular, setidaknya anda mendapatkan penanganan secara dini.

7. Berpakaian yang tepat

Berpakaian yang tepat dapat menjadi solusi dalam mencegah virus Zika. Anda dapat menggunakan baju lengan panjang serta celana panjang yang intinya menutupi seluruh tubuhmu. Kandungan permethrin dan insektisida sintesis pada pakaian bermanfaat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk yang menjadi biang utama timbulnya penyakit ini.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Tepat Mencegah Virus Zika"