Cara Tepat Mengatasi Jerawat di Punggung

No comment 1033 views

Cara Tepat Mengatasi Jerawat di Punggung

Sebenarnya jerawat tidak hanya bisa muncul pada area wajah saja tetapi juga pada area lain seperti punggung. Mungkin bagi beberapa orang, keluhan jerawat di punggung tidaklah mengganggu karena tertutupi oleh pakaian yang dikenakan. Namun bagi beberapa orang yang sangat memperhatikan penampilan, punggung adalah bagian penting pula. Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Segala sebum yang menumpuk akan bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri dan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan muncullah jerawat. Jika kamu tidak ingin membiarkan jerawat itu tumbuh memenuhi punggung, maka kamu dapat mengatasi jerawat punggung dengan mengikuti 5 cara berikut ini.

1. Pilihlah pakaian yang tepat

Jerawat di punggung bisa disebabkan oleh pemakaian pakaian yang kurang tepat, terlalu ketat, cepat membuat panas dan tidak dapat menyerap keringat, sehingga menimbulkan bakteri bercampur dengan sel kulit mati dan keringat, dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculah jerawat. Solusinya kamu dapat memilih baju dengan kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab dan banyak berkeringat. Cobalah untuk mencoba pakaian yang lebih longgar. Selain itu, cuci pakaianmu secara teratur, atau lebih baik lagi, setelah setiap kali dikenakan. Perhatikan pula cara mencuci pakaian karena juga berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat di punggung.

Caranya:

  • Gunakan sabun cuci lembut dalam jumlah sedikit atau tanpa bahan pewangi. Hal ini disebabkan jerawat bisa tumbuh pada punggung yang tertutupi oleh pakaian yang dicuci dengan sabun cuci keras atau bahan pewangi yang berlebihan.
  • Gunakan pemutih jika merendam pakaian tapi khusus untuk pakaian berwarna putih saja. Cairan pemutih pakaian akan membunuh segala bakteri yang menempel pada pakaian dan mencegah pertumbuhan jerawat. Pastikan untuk membilas pakaian hingga bersih untuk mencegah kulitmu menjadi teriritasi akibat sisa cairan pemutih.

2. Mandi

Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh dari segala kotoran yang ada termasuk jerawat. Jika mandi 2 kali sehari adalah suatu kebutuhan, maka situasinya akan berbeda ketika kamu memiliki jerawat di punggung. Jadi ketika kamu sedang beraktifitas dan mengeluarkan keringat yang banyak, maka segeralah untuk mandi. Keringat setelah melakukan banyak aktifitas dan keringat yang tidak langsung dibersihkan dari kulit akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, keringat dapat memicu pertumbuhan jerawat dengan menyumbat pori-pori yang ada. Inilah pentingnya mandi. Selain menjaga tubuh agar tetap bersih dan segar, ini merupakan cara menghilangkan jerawat yang efektif ada di punggung.

3. Gunakan kondisioner yang tepat

Apa hubungan kondisioner dan jerawat punggung? Tentu saling berkaitan karena saat kamu mencuci rambut tentu jatuhnya tidak akan jauh dari punggung. Oleh karena itu pemilihan shampo dan kondisioner haruslah tepat sehingga tidak mengganggu punggungmu. Sebenarnya kondisioner mengandung silikon yang jika terpapar dengan kulit dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui agar kondisionermu tidak menyebabkan jerawat di punggung.

Caranya:

  • Turunkan suhu air sebelum membilas kondisioner dari rambut. Lebih pantas jika kamu menggunakan air hangat karena itu akan membuka pori-pori kulit, sementara air dingin akan menutupnya.
  • Setelah kamu keramas dan menggunakan kondisioner segeralah mengusapkan sabun kebagian punggungmu. Hal ini untuk mencegah kandungan silikon pada kondisioner.

4. Cuci seprai secara teratur

Tempat tidur ternyata juga bisa berperan untuk menimbulkan jerawat di punggung. Kamu tahu bahwa segala debu dan sel kulit mati dapat menumpuk cepat di sprai yang kamu gunakan setiap tidur. Selain itu jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing yang suka tidur di sprei tentu segala bulunya akan membawa kotoran. Oleh karena itu, kamu dapat mengganti dan mencucinya secara teratur 2 minggu sekali.

5. Gunakan sabun anti bakteri

Biang kerok dari jerawat punggung adalah bakteri. Jadi cara untuk mengatasinya adalah dengan anti bakteri. Kamu dapat menggunakan sabun antibakteri yang banyak terdapat di supermarket. Gosok bagian punggung Anda dengan sabun anti-bakteri dua kali sehari. Sabun anti bakteri akan membuat kulit punggungmu terjaga kebersihannya sehingga jerawat pun akan hilang dengan cepat. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan sabun anti-bakteri lebih dari dari itu. Hal ini disebabkan karena sabun anti-bakteri dapat menyebabkan kulit teriritasi dan sangat kering.

 

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cara Tepat Mengatasi Jerawat di Punggung"