Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil menjadi impian pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan. Ya, siapa yang tidak memimpikan untuk menimang seorang bayi kecil yang lucu dan juga menggemaskan. Tapi jangan lupa, dalam kehamilan ada sesuatu yang harus menjadi perhatian anda, yaitu kesehatan ibu hamil. Ini yang menjadi perhatian penting saat anda sedang hamil muda. Kesehatan di awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin yang ada di dalam rahim anda.

Beberapa tips kesehatan saat ibu hamil muda mungkin sangat dibutuhkan bagi anda para ibu yang mengandung bayi pertama.

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah kondisi psikologi. Siapkan diri anda dalam menghadapi proses kelahiran dan ciptakan lingkungan di sekitar anda untuk selalu memberikan dukungan positif. Jangan sampai anda mengalami depresi saat hamil karena hal itu dapat memicu terlambatnya kondisi perkembangan janin yang anda kandung. Selanjutnya adalah tentang pola makan yang baik dan asupan gizi. Banyak orang bilang bahwa di dalam tubuh seorang ibu yang sehat terdapat janin yang kuat. Untuk itu, perhatikan asupan gizi yang anda konsumsi. Hindari makanan instan seperti mie instan, junk food dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung MSG. Mengonsumsi MSG berlebihan akan berdampak pada perkembangan janin. Pilihlah makanan yang mengandung gizi yang tinggi agar kebutuhan nutrisi untuk anda dan juga janin tercukupi secara maksimal seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta susu atau keju.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah aturan dalam berhubungan intim. Hal ini menjadi salah satu tips kesehatan saat ibu hamil muda yang cukup penting. Memang berhubungan intim saat kandungan berusia cukup tua sangat dianjurkan untuk merangsang pergerakan sang bayi, tetapi bukan berarti saat hamil muda kita dilarang untuk melakukan hubungan intim. Boleh saja kita melakukannya, tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Yang pertama yaitu posisi saat kita melakukan hubungan intim. Usahakan posisi tidak menindih perut ibu yang sedang mengandung. Tekanan yang terlalu besar akan memicu keguguran. Selain itu, pada awal kehamilan, dinding rahim masih dalam tahap penyesuaian atau belum memiliki kekuatan yang maksimal. Oleh sebab itu, sang ibu disarankan tidak terlalu sering mengalami orgasme karena dikhawatirkan akan membuat dinding rahim berkontraksi dan embrio pun keluar dari dalam rahim. Inilah yang disebut dengan keguguran.

Tips kesehatan saat ibu hamil muda yang selanjutnya adalah anda harus mengetahui informasi tentang kehamilan. Ada banyak sekali mitos dari para orang tua tentang cara pandang para ibu hamil terutama yang sedang hamil anak pertama. Mitos ini dibuat oleh orang terdahulu karena belum adanya ilmu tentang medis atau kesehatan yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Ketahuilah bahwa mitos adalah hasil dari intuisi yang telah dipercaya dan fakta adalah hasil dari perbuatan yang telah terbukti. Jadi anda harus benar-benar jeli, manakah yang termasuk mitos dan dan mana yang fakta.

Tips kesehatan saat ibu hamil muda yang terakhir adalah rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dokter atau bidan desa terdekat anda. Tentunya mereka akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kesehatan ibu hamil. Mintalah informasi sebanyak-banyaknya dan ceritakan apa saja yang anda rasakan atau keluhkan. Dengan senang hati mereka akan memberikan saran dan juga tips yang akan sangat membantu kehamilan dan proses persalinan anda.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ibu Hamil"