Cegah Munculnya Jerawat Secara Cepat

No comment 763 views

Cegah Munculnya Jerawat Secara Cepat

Jerawat memang menjadi masalah sehari-sehari bagi kebanyakan wanita. Munculnya jerawat itu akibat produksi minyak yang berlebih pada bagian wajah ditambah lagi dengan adanya penyumbatan pada bagian kelenjar sebaceous. Inilah yang menyebabkan pada akhirnya timbullah yang namanya jerawat. Bagi seseorang yang sangat memperhatikan penampilannya, jerawat adalah musuh utama yang harus dihadapi. Oleh karena itu timbullah pemikiran lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu adalah pemikiran tepat yang harus dipegang oleh setiap orang sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan pikiran untuk mengobatinya yang perlu waktu yang tidaklah lama.  Berikut cara yang dapat kamu lakukan sehari-hari untuk mencegah  jerawat.

1. Atur pola makan

Segala apa yang kamu makan sehari-hari, salah satu komponen dari itu menjadi makanan penyebab jerawat. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui secara baik-baik apa saja makanan yang baik ataupun tidak baik untuk mencegah timbulnya jerawat. Kamu dapat mengatur pola makanmu dengan diet glikemik rendah. Diet ini bisa membantu menekan kadar gula di dalam darah.  Seperti kamu ketahui kadar gula yang tinggi di dalam darah juga bisa memicu bertumbuhnya jerawat. Selain itu, makanan yang manis juga menjadi penyebab melonjaknya hormon yang ada di dalam tubuh sehingga timbullah jerawat.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga yang teratur tidak hanya baik bagi fisik tetapi juga mental. Olahraga juga bermanfaat salah satunya untuk mencegah timbulnya jerawat. Berolahraga akan mengurangi kecemasan dan menghilangkan stress serta memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sedangkan kamu ketahui bahwa salah satu pencetus dari munculnya jerawat adalah stress. Kamu dapat memilih olahraga ringan seperti jogging, pilates, olahraga kardio, ataupun yoga. Hal ini bisa kamu lakukan minimal dalam waktu 30 menit. Hal penting yang harus diingat adalah bahwa kamu harus segera mandi setelah berolahraga agar kotoran dari keringat yang ada tubuh hasilkan segera hilang dan tidak mengendap. Hal ini sangat penting bagi kamu yang memiliki masalah jerawat di dada dan punggung.

3. Pola tidur

Pola tidur yang salah dapat memicu timbulnya jerawat. Berdasarkan penelitian, posisi tidur baik ke kiri atau kanan dapat berpotensi menimbulkan jerawat. Hal ini disebabkan karena sarung bantal dan sprei yang dipakai sudah cukup lama dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang merupakan sumber terbentuknya jerawat. Oleh karena itu, perhatikanlah pola tidur untuk lebih banyak terlentang. Selain itu rutin untuk mencuci dan menjaga kebersihan dari sarung bantal dan sprei. Jenis kain polyester dan lycra berasal dari bahan yang potensial menimbulkan masalah jerawat pada kulit wajah. Jenis kain ini juga dapat menghambat regenerasi kulit mati dan menutup segala kelenjar keringat. Akibatnya sirkulasi dari kelenjar keringat menjadi terhambat hingga timbullah jerawat.

4. Hindari memencet jerawat

Ini adalah kebiasan buruk yang sering dilakukan oleh setiap orang ketika timbul jerawat. Jari-jari tangan adalah tempat untuk hinggapnya jamur, virus, serta bakteri. Tangan yang sudah menyentuh berbagai benda seringkali lupa untuk dicuci. Akibatnya kuman akan betah tinggal disana. Ketika kamu menyentuhkan jari tangan ke permukaan wajah, kuman dan kotoran yang ada dengan mudahnya bisa menempel di sana. Akibatnya apa? Jerawat pun bisa muncul seketika.

5. Jangan gunakan kosmetik berlebihan

Sering tidur dengan kondisi masih memakai make up? Tentunya setiap orang pernah mengalami hal begini. Alasannya banyak baik karena kelelahan atau lupa. Terlepas dari semua itu, bahwa kebiasaan ini adalah buruk dan harus dihindari. Jadi tidur saat masih memakai kosmetik bisa membuat kulit terkena radikal bebas dari lingkungan luar yang menempel pada makeup. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada kolagen dan menimbulkan garis-garis halus pada kulit hingga menimbulkan jerawat.

Solusinya dari para pakar kecantikan tetap mengingatkan untuk selalu membersihkan segala riasan wajah sebelum tidur karena apapun yang sifatnya menutupi permukaan kulit dampaknya tidak bagus untuk kulit. Jika memang kamu ingin memakai kosmetik pada saat tidur, pilihlah yang kandungannya ringan dan tidak memicu timbulnya jerawat. Jadi gunakan lah produk yang berbahan alami yang bisa melembabkan sekaligus mengandung antioksidan. Namun terlepas dari semua itu, memakai makeup saat tidur tidak disarankan oleh para dermatologist maupun spesialis kacantikan kulit.

 

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Cegah Munculnya Jerawat Secara Cepat"