Cegah Penyakit Flu Dimulai Dari Rumah Anda

Flu atau influenza adalah penyakit musiman yang biasanya terjadi saat pergantian musim. Pergantian musim inilah yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau mungkin juga perubahan kinerja sistem pernafasan yang menyebabkan infeksi. Flu yang disebut dengan pilek ini adalah penyakit menular yang bisa mengganggu aktivitas anda. Lalu bagaimana cara pencegahan penyakit flu? Dan bagaimana solusi terbaik atau tips pencegahan penyebaran penyakit flu dalam keluarga?

Berikut beberapa cara pencegahan yang bisa anda lakukan agar selalu fit dan tidak mudah terserang flu :

Cegah Penyakit Flu Dimulai Dari Rumah Anda

Cegah Penyakit Flu Dimulai Dari Rumah Anda

1. Jeruk si Vitamin C yang baik

Jeruk merupakan buah yang sangat banyak mengandung vitamin C. Vitamin C memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin ini akan membantu memperkebal sistem imun anda dengan cara memperbanyak produksi sel darah putih sesuai dengan kapasitas tubuh. Sel darah putih ini berperan untuk menangkal segala jenis virus penyebab flu, pilek dan batuk. Vitamin C dalam jeruk bisa anda konsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat dan ditambah madu.

2. Rajin membersihkan diri

Dengan rajin membersihkan diri, kuman dan virus penyebab flu yang menempel di tangan dan tubuh bisa hilang dan mati. Biasakan mencuci tangan dan mandi dengan sabun anti bakteri atau virus sebelum bersentuhan dengan anggota keluarga anda, terutama saat akan makan sebagai langkah pencegahan penyakit flu. Mencuci tangan sebenarnya lebih penting karena sebagian besar aktivitas anda menggunakan tangan. Berjabat tangan akan memindahkan virus dari satu orang ke orang lain. Menjaga keluarga anda agar tetap sehat ternyata dimulai dari hal kecil yaitu dengan membersihkan diri.

3. Istirahat yang cukup

Tips pencegahan penyebaran penyakit flu dalam keluarga yang paling menyenangkan adalah beristirahat. Dalam keadaan lelah, tubuh anda sedang dalam keadaan rentan sakit. Anda bisa segera istirahat jika sudah merasa badan kurang fit. Istirahat dengan tidur siang selama 15 menit ternyata bisa mengistirahatkan tubuh untuk menghindari kelelahan berlebih.

4. Kunyit dan Madu

Bumbu dapur di rumah anda ini bisa menjadi salah satu tips pencegahan penyebaran penyakit flu dalam keluarga terbaik setelah jeruk. Kunyit bisa menjaga daya tahan tubuh anda dengan sangat baik. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan memarut 3 batang kunyit lalu diperas dan letakkan di dalam gelas. Kemudian seduh dengan air hangat dan campurkan madu 2 sendok. Antioksidan yang ada pada bumbu dapur (kunyit) ini juga sangat baik untuk pencegahan penyakit lainnya seperti demam, penyembuhan luka, sakit datang bulan bahkan kanker. Sebagai tambahan, madu, selain sebagai pemanis alami, juga sangat baik bagi kesehatan kulit anda.

5. Perbanyak air putih

Air putih memang memiliki banyak sekali khasiat yang tak terduga. Meminum banyak air putih bisa menghilangkan racun dalam tubuh dan meningkatkan fungsi tubuh. Nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein yang penting bagi sistem kekebalan tubuh bisa disalurkan dengan baik hanya dengan mengonsumsi air putih secara teratur. Air putih juga menjaga tenggorokan anda tetap basah dan nyaman sehingga tidak terasa kering.

6. Olahraga

Cara terakhir pencegahan flu yang mudah adalah dengan bergerak. Dengan menggerakkan tubuh, anda pasti akan merasa segar. Hal ini terjadi karena otot-otot tubuh anda tidak menjadi kaku dan lemas. Ajaklah keluarga anda untuk menghirup udara segar pagi hari dengan berlari-lari kecil. Pencegahan penyakit flu dengan berolahraga bisa anda lakukan juga di sore hari jika seharian sudah disibukkan dengan segudang aktivitas.

Tips pencegahan penyakit flu dalam keluarga bisa anda lakukan setiap harinya. Daripada menunggu penyakit datang, alangkah baiknya jika melakukan langkah pencegahan bersama-sama dengan keluarga anda.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Cegah Penyakit Flu Dimulai Dari Rumah Anda"