CIRI-CIRI DIABETES yang perlu di ketahui.

CIRI-CIRI DIABETESSalah satu CIRI-CIRI DIABETES yang Khas dari PENYAKIT DIABETES adalah meningkatnya kadar gula darah kita. Mengenali ciri ciri gejala diabetes sedini mungkin akan mengurangi dampak pada penurunan resiko diabetes karena dengan mengenali ciri diabetes melitus tersebut maka penanganan medis dapat segera diupayakan Setidaknya terdapat beberapa CIRI-CIRI DIABETES MELLITUS yang perlu diwaspadai Kemunculannya :

 

Kadar gula darah yang Meningkat

Umumnya peningkatan kadar gula darah seringkali disalahartikan sebagai penyebab diabetes. Pada umumnya peningkatan  kadar gula darah yang terjadi merupakan akibat dari gangguan produksi insulin, gangguan fungsi insulin maupun kombinasi keduanya.kadar-gula-darah

Gangguan pada proses pembentukan Insulin terjadi akibat kelenjar yang berfungsi memproduksi insulin mengalami gangguan, bisa berupa penurunan produksi Insulin maupun tidak berfungsinya kelenjar Pangkreas dalam memproduksi Insulin yang berakibat kadar gula darah meningkat karena tidak ada lagi yang bertugas mengontrolnya.

Gangguan fungsi insulin dapat dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya PENYEBAB DIABETES adalah karena OBESITAS (Kegemukan) yang cenderung menyebabkan penimbunan lemak di dalam tubuh. Salah satu faktor mencegah diabetes maka pengendalian berat badan harus dilakukan guna meningkatkan fungsi insulin dalam mengontrol kadar gula darah. 

POLIURI (Sering Buang Air Kecil)

kencing-malammerupakan gejala yang paling khas ditemui pada penderita diabetes. Poliuri terjadi akibat ginjal sudah tidak mampu lagi menahan kelebihan gula dalam darah akibat tidak terkontrolnya pelepasan gula ke dalam aliran darah. Umumnya kondisi terjadi pada malam hari. Terkait dengan hal ini, ginjal memiliki  nilai batas ambang ginjal, yaitu 180 mg/dL. Jika kadar gula darah melebihi nilai tersebut maka nantinya kelebihan gula dalam darah akan diserap oleh ginjal untuk dibuang bersama dengan urin.

Dengan dibuangnya kelebihan gula melalui urin, maka urin menjadi lebih pekat. Namun tubuh punya cara guna mengurangi kepekatan urin yang akan dikeluarkan, yaitu dengan menarik lebih banyak cairan tubuh

ke dalam urin. Dengan banyaknya cairan tubuh yang ditarik ke dalam urin maka akan meningkatkan intensitas penderita dalam hal buang air kecil.

 

POLIFAGI (Banyak Makan)

banyak-makanHal ini  merupakan efek dari kurang tersuplainya tubuh dengan nutrisi. Untuk di ketahui bersama diketahui bahwa gula yang dibuang bersama dengan urin seharusnya dapat diserap dan dimanfaatkan kembali oleh sel tubuh. Namun akibat adanya gangguan produksi insulin oleh Pankreas maka fungsi insulin gula tidak dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga tubuh pun harus kehilangan banyak nutrisi yang bisa didapat dari gula tersebut.Akibat kurangnya nutrisi maka tubuh pun segera mengirim sinyal ke otak yang diterjemahkan sebagai rasa lapar. Otak kemudian meneruskan pesan tersebut sehingga penderita nantinya akan sering merasa lapar. Guna memenuhi rasa lapar yang muncul penderita umumnya akan banyak makan.

 

POLIDIPSI (Banyak Minum)

Akibat meningkatnya kadar gula darah yang berujung pada terbuangnya banyak cairan tubuh, maka

mengakibatkan timbulnya rasa haus yang dirasakan penderita. Dan sebagai salah satu bentuk pemenuhan terhadap rasa haus yang dirasakan maka penderita akan cenderung minum dalam jumlah yang banyak dan sering.

 

Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk

Akibat terbuangnya gula bersama dengan urin maka tubuh penderita akan mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi penting. Akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh maka tubuh pun menjadi lemas dan tidak bertenaga. Selain tubuh yang lemas, penderita juga cenderung mudah capek sehingga kondisi ini sangat mengganggu aktifitas harian penderita.

 

Berat Badan Turun

Pada Kondisi orang yang sedang pada tahap GEJALA DIABETES, secara nafsu makan banyak, akan tetapi kondisi berat badan tidak sebanding dengan konsumsi makanan yang banyak, hal ini karena asupan makanan yang masuk akan mengalami pembuangan nutrisi karena proses pembentukan insulin yang terganggu.

 

stop-diabetesSelain ciri-ciri diabet di atas sebenarnya masih ada ciri diabetes lain yang nantinya mengarah pada komplikasi diabetes. Namun yang paling penting untuk diwaspadai terlebih dahulu adalah ciri diabetes yang muncul akibat adanya lonjakan gula darah seperti halnya yang telah disebutkan di atas. Hal ini terkait dengan upaya pencegahan diabetes yang seharusnya dilakukan sebelum ciri diabetes di atas muncul.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "CIRI-CIRI DIABETES yang perlu di ketahui."