Ciri-ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat

Ciri-ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat

Ciri-ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat

Ada kalanya jerawat yang terdapat pada kulit sebenarnya bukan jerawat. Bisa jadi ini adalah kanker kulit yang menyerupai jerawat. Kadang kala kanker kulit dapat berkamuflase dan membentuk jerawat dan ini akan sulit dibedakan. Ciri-ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat ada beberapa, namun dibutuhkan ketelitian untuk mendiagnosa apakah kondisi kulit terkena kanker atau sekedar jerawat.

Membedakan kanker kulit yang mirip jerawat dengan jerawat asli memang tidak mudah. Oleh karena itu, hindari untuk memencet jerawat secara sembarangan, salah-salah yang dipencet adalah kanker kulit. Kanker kulit yang dipencet justru akan menimbulkan peradangan pada kulit, bahkan bisa menyebar. Untuk mengetahui ini, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah memeriksakan kondisi kulit pada ahlinya.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran dan durasi waktunya. Jerawat walaupun meradang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Berbeda dengan kanker kulit yang menyerupai jerawat, kondisi ini tidak akan hilang dengan sendirinya bahkan dalam beberapa tahun. Penghilangan biasanya dilakukan dengan cara medis yaitu melalui operasi.

Penyebab umum terjadinya kanker kulit adalah paparan sinar matahari secara langsung dan biasanya kulit sedang tidak dalam perlindungan. Radikal bebas dari sinar matahari akan langsung masuk ke dalam kulit dan memicu pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, penting untuk sellu menggunakan perlindungan kulit seperti tabir surya dan pelembab.

Ciri-ciri kanker kulit

Ada beberapa karakteristik khusus yang bisa digunakan untuk membedakan antara kanker kulit dan jerawat. Namun jangan salah, kanker kulit kadang bisa berwarna sama dengan jerawat. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ciri-ciri kanker kulit berikut ini.

  • Tidak asimetris

Jerawat asli akan berbentuk bulat seperti lingkaran, namun kanker kulit berbeda. Kanker kulit biasanya berbentuk bulatan namun tidak simetris, atau dalam istilah lain adalah asimetris. Bulatan yang terjadi pada kanker kulit biasanya tidak sama antara satu sisi dengan sisi yang lainnya.

  • Benjolan seperti terangkat

Benjolan pada jerawat biasanya akan terlihat mulus hingga ke kulit dan tidak ada perbedaan permukaan kulit yang terangkat. Benjolan pada kanker kulit biasanya akan terangkat permukaannya sehingga terlihat tidak sama. Jika disentuh akan terasa seperti ada batasan antar kulit dengan kanker.

  • Inti warna yang berbeda

Pada jerawat biasa, inti warna di bagian tengah biasanya berwarna merah atau putih. Berbeda dengan kanker kulit. Inti warna yang terdapat pada kanker kulit biasanya akan berwarna hitam dan pada pinggirnya akan berwarna coklat muda.

  • Ukuran tidak wajar

Ciri-ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat selanjutnya adalah ukuran yang tidak wajar. Kanker kulit jika tidak segera diangkat akan terus tumbuh dan menyebar ke sekitar kulit lain. Sedangkan jerawat pertumbuhannya akan terbatas jika sudah mencapai tahap maksimal, dan biasanya akan pecah dan menghilang.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ciri-ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat"