Duh, Kenapa Kebelet Pipis Terus

No comment 8430 views
Duh, Kenapa Kebelet Pipis Terus

Duh, Kenapa Kebelet Pipis Terus

Akan sangat tidak menyenangkan ketika dalam situasi yang asik tiba-tiba kita harus pergi ke toilet, dijamin Anda pasti akan melewatkan hal-hal memorable. Sebagai contoh, ketikan Anda sedang menikmati pertandingan tiba-tiba Anda kebelet pipis. Setelah pergi ke kamar mandi tiba-tiba ada banyak momen seperti gol, touchdown dan tko, yang telah Anda lewatkan.

Fenomena kebelet pipis terus pada umumnya hanya dialami oleh orang-orang tertentu dengan kondisi tertentu saja. Pada wanita yang hamil misalnya, mereka pasti akan merasakan kebosanan karena terus-menerus keluar masuk kamar mandi. Namun ini merupakan reaksi yang wajar, beda hal ketika yang mengalami keseringan pipis tidak dalam kondisi tertentu.

Normalnya, buang air kecil minimal dilakukan empat kali dalam sehari. Jadi, jika dalam sehari frekuensi buang air kecil Anda lebih sering, ini bisa jadi adalah pertanda dari gangguan kesehatan. Jumlah air seni yang dikeluarkan oleh orang normal biasanya berkisar 1-2 liter perhari. Namun beberapa orang bisa melebihi kisaran itu dan tetap dianggap masih dalam batasan normal.

Secara medis, kebelet buang air besar disebabkan oleh kandung kemih yang tidak berfungsi secara normal. Dalam istilah sederhana, kandung kemih tidak berkontaksi secara normal sehingga secara tiba-tiba menyebabkan keinginan untuk buang air kecil. Kondisi keseringan buang air kecil lebih banyak dialami oleh perempuan, terutama yang berusia tua walapun studi terbaru sekarang menunjukkan perempuan lebih muda juga rentan mengalami.

Aktifitas buang air kecil sebenarnya penting, karena akan membuang urin yang merupakan kotoran dalam tubuh. Dengan catatan, ini dalam kondisi normal. Ketika kondisi keseringan kencing frekuensinya sudah mulai meningkat, hal tepat yang dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahlinya.

Penyebab keseringan pipis

  • Hamil

Kehamilan dapat memengaruhi intensitas buang air kecil meningkat. Hal ini disebabkan karena kandung kemih mendapatkan tekanan dati uterus. Efeknya, urin akan dikeluarkan secara terus menerus.

  • Minum air terlalu banyak

Mekanisme alami tubuh adalah akan membuang sesuatu yang dianggap tidak berguna. Ketika kadar air dalam tubuh masih cukup, maka sisa air akan dikeluarkan dari tubuh.

  • Konsumsi teh atau kopi

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh memiliki sifat pemicu buang air atau deuretik. Minumlah kopi dan teh sewajarnya untuk menghindari hal ini terjadi.

  • Infeksi kandung kemih

Salah satu gejala kandung kemih adalah keseringan buang air kecil namun hanya sedikit-sedikit. Juga disertai rasa nyeri, panas dan kadang terasa sakit.

  • Gangguan prostat

Saat kencing tubuh masih merasa ada yang harus dikeluarkan, namun saat kencing tidak keluar apa-apa. Jika Anda mengalami ini, berarti prostat Anda sudah mulai terganggu.

Terjadi karena urin yang mengendap dalam kandung kemih. Gejala lain yang mengikuti adalah sakit saat kencing, sakit di perut bagian bawah dan urin berubah gelap.

  • Diabetes

Diabetes disebabkan karena kadar gula yang tinggi. Gula mempunyai sifat menarik cairan. Inilah mengapa pada penderita diabetes juga mengalami terlalu sering buang air kecil.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Duh, Kenapa Kebelet Pipis Terus"