Efek Samping Terlalu Sering Makan Gorengan

No comment 3696 views

Gorengan menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu gorengan banyak dijual di beberapa daerah Indonesia. Harga gorengan yang relatif murah dan rasa yang gurih dan enak membuat gorengan semakin banyak digemari dan menjadi makanan favorit sebagian orang Indonesia. Walaupun sebenarnya ada efek samping terlalu sering makan gorengan yang dapat ditimbulkan.

Tidak heran banyak pedagang gorengan bisa kita jumpai di setiap pinggir jalan raya dan menjadi buruan banyak orang.  Biasanya gorengan disantap bersama teh atau kopi. Tidak sedikit orang yang sangat menyukai gorengan lantas mengkonsumsi makanan ini dengan sering.Efek Samping Terlalu Sering Makan Gorengan

Padahal jika dicermati gorengan merupakan makanan yang mengandung banyak minyak. Jika gorengan dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering maka akan dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Selain daripada itu beberapa gorengan mungkin tidak terjaga kebersihannya yang akan menambah beragam masalah pada kesehatan.

Efek samping terlalu sering makan gorengan

Bila memang ingin mengkonsumsi gorengan, ada baiknya untuk membatasi tingkat konsumsinya. Jika memang terpaksa, usahakan untuk membuat sendiri di rumah supaya lebih terjaga kebersihannya. Konsumsi gorengan terlalu sering dapat mengakibatkan efek samping pada kesehatan yang menurun. Berikut beberapa efek samping terlalu sering makan gorengan yang ditimbulkan.

  • Meningkatkan Kolesterol

Biasanya para pedagang ingin mendapatkan untung yang banyak. Khususnya pedagang gorengan, biasanya mereka menggunakan minyak bekas untuk menggoreng dalam beberapa kali. Hal ini tidak baik, karena minyak bekas gorengan yang dipakai terus akan mengakibatkan kadar kolestrol meningkat. Sehingga dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Ketika kolesterol dalam tubuh meningkat maka masalah lainnya yang ditimbulkan yaitu dapat memicu penyakit jantung. Oleh karena itu jika gorengan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dan terlalu sering maka akan dapat memicu penyakit jantung.

  • Memicu Tekanan Darah Tinggi

Selain memicu penyakit jantung, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh juga akan beresiko menyebabkan tekanan darah tinggi.

  • Menyebabkan Batuk

Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dapat mengakibatkan tenggorakan kering. Terutama jika terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dengan menggunakan minyak bekas dan kotor akan menyebabkan batuk kronik karena adanya infeksi saluran tenggorokan.

Kanker bisa menjadi efek samping terburuk terlalu sering makan gorengan secara berlebihan dan sering. Pasalnya gorengan yang memakai minyak bekas yang jarang atau bahkan tidak pernah diganti merupakan hal yang sama sekali tidak sehat. Belum lagi, wadah yang digunakan untuk membungkus gorengan biasanya memakai kertas Koran bekas yang pada kenyataannya itu sangat berbahaya karena tinta pada kertas Koran mengandung senyawa kimia berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu gorengan dapat menyebabkan sel sel kanker tumbuh dalam tubuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Efek Samping Terlalu Sering Makan Gorengan"