Fakta Tentang Penyebab Tindihan

No comment 4371 views
Fakta Tentang Penyebab Tindihan

Fakta Tentang Penyebab Tindihan

Tindihan atau dalam bahasa medis disebut juga dengan sleep paralysis tidak jarang dialami oleh orang-orang mempunyai gangguan tidur. Gangguan tidur bisa berupa apa saja, mulai telat tidur sampai pola tidur yang tidak teratur. Walaupun begitu, masih banyak fakta lain tentang penyebab tindihan yang belum terungkap secara ilmiah.

Sebelum tubuh kita beristirahat untuk memulihkan diri, kita akan mengalami empat tahap dalam proses tidur. Tahap pertama yaitu ketika kita sudah mengantuk namun kondisi otak kita masih sadar. Tahap kedua adalah keadaan dimana kita mulai tidur lebih dalam. Pada tahap ketiga tubuh kita sudah tidur terlalu dalam. Kemudian pada tahap keempat inilah tubuh kita akan mengalami mimpi.

Dalam kasus sleep paralysis, kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh tidak mengalami empat tahap dalam tidur secara berurutan. Situasi ini biasanya dipengaruhi oleh tidur telat, kurang tidur dan juga pola tidur yang berubah-ubah. Itulah mengapa penting bagi kita untuk selalu menjaga pola tidur demi menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari fakta-fakta tentang penyebab tindihan.

Pada saat terjadi tindihan, tubuh kita seolah-olah menjadi patung. Kita masih dapat berpikir dengan logis, namun di sisi lain kita tidak bisa bergerak. Jangan terlalu kuatir, tindihan sebenarnya hanya bersifat sementara terjadi dalam beberapa menit saja. Secara normal, tindihan biasanya terjadi pada seseorang hanya sekali dalam seumur hidup. Namun dibeberapa kejadian akut, sleep paralysis bisa terjadi dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Sleep paralysis dapat terjadi pada manusia mulai pada umur 14 tahun. Secara durasi, tindihan biasanya berlangsung hanya beberapa detik atau menit. Tindihan yang muncul juga bisa dikatakan sebagai gejala-gejala tidur lain seperti sleep apnea dan narcolepsy.

Penyebab tindihan

Seperti yang sudah kita ketahui, tindihan rata-rata disebabkan oleh terganggunya aktifitas tidur kita. Secara sederhana tindihan dapat diartikan sebagai kondisi dimana otak sudah mulai bekerja namun tubuh masih belum siap. Tubuh yang kurang siap biasanya terjadi akibat akumulasi pola tidur yang kurang atau tidak beraturan. Atau dengan kata lain, tubuh mengalami kelumpuhan sementara.

  • Stress

Stress merupakan pemicu utama segala penyakit, termasuk juga tindihan. Hindari stress yang berlebihan dengan mencari suasana baru.

  • Kelelahan

Tubuh yang lelah membuat otak tidak bisa secara sempurna mengalirkan darah, dan inilah yang terjadi pada fenomena tindihan.

  • Kurang tidur

Aktifitas yang berlebihan biasanya membuat waktu tidur menjadi terbatas. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk sekedar beristirahat.

  • Perubahan jam tidur

Dalam otak terdapat suatu sel yang mengatur tentang waktu. Apabila pola dan jam tidur berubah, maka sel otak yang mengatur tentang waktu akan menjadi kacau.

  • Pengaruh obat

Beberapa obat mengandung efek samping yang berbeda terhadap pemakainya. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda tentang efek samping dari obat yang Anda pakai.

Berikut cara mengatasi tindihan

  • Jangan panik

Panik adalah hal wajar yang dialami saat tindihan terjadi. Pada kasus ini, cobalah untuk tidak panik sehingga Anda bisa memikirkan langkah-langkah selanjutnya.

Walaupun tindihan membatasi kita untuk bergerak, namun ada saat-saat tertentu anggota tubuh kita dapat bergerak. Gerakan sekecil apapun akan membuat aliran darah ke tubuh akan mengalir kembali. Cobalah untuk menggerakkan jari, terutama jempol.

  • Membuat suara

Batuk, mendengkur atau suara apapun juga dapat dilakukan. Proses pembuatan suara secara tidak langsung akan melemaskan otot-otot di bagian leher. Lakukan percobaan ini, sehingga akan membantu melemaskan tubuh bagian atas.

  • Bangun

Hal terkahir yang harus dilakukan untuk mencegah tindihan terjadi adalah dengan bangun tidur. Tindihan biasanya masih akan datang lagi jika kita tidak segera bangun. Setelah itu, cobalah untuk melakukan aktifitas lain.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Fakta Tentang Penyebab Tindihan"